Friday, November 22, 2013

#MenulisMuharram: Only with One Touch



Gini hari gak punya hape? Apa kata duniaaa..!!

Mulai dari anak SD sampai nenek kakek pun sekarang sudah punya hape.. Bahkan untuk urusan ngebuka dan mencet tut-tut di hape anak balitapun sekarang sudah mahir. Beda banget dengan jaman kita dulu. Paling cepat waktu SMA baru kenal hape. Ck.. ck..

Bagi sebagian besar kita sehari gak pegang hape rasanya bakalan kehilangan seusatu yang berharga. Coba deh ingat-ingat lagi, berapa kali dalam sehari kita membuka hape? Padahal gak ada yang sms.. Gak ada yang nelpon.. Cuma “latah” aja.. Rasanya gak enak hati kalo gak nge-cek si hape. Apalagi bila memiliki hape canggih. Model touch screen, yang ada cameranya, internetnya.. Waa pasti deh gak tenang bila dalam beberapa jam gak buka tuh hape. Ada aja yang dilihat, lihat foto, gonta ganti wallpaper hape dan lain sebagainya.


Hmmm.. mungkin ini memang gaya hidup jaman sekarang. Gak ada hape gak gaya. Gak ada hape dianggap kampungan. Gak ada hape bakalan ketinggalan informasi. Bermacam alasan setiap orang memiliki hape. Namun tahukah kita bahwa setiap apapun yang kita miliki akan diminta pertanggungjawaban kelak oleh Allah? Termasuk hape.. Apakah kita bisa menjadikan hape sebagai pembawa manfaat atau pembawa mudharat..

Yuk kita kilas balik kembali apa tujuan kita memiliki hape. Perjelas tujuan agar hape tersebut membawa manfaat bagi kita. Jangan install berbagai aplikasi yang membuat kita lalai dan malas. Kritislah dalam mengunduh aplikasi. Usahakan hape kita tidak dipenuhi dengan berbagai games yang membuat kita banyak membuang waktu.

Sebagai muslim dan muslimah hendaklah hape kita memiliki beberapa aplikasi islami yang banyak memberi manfaat. Saat ini banyak sekali aplikasi islami yang dapat membantu kita belajar islam lebih baik. Baik itu aplikasi Al-Qur’an yang dilengkapi dengan ilmu tajwid ataupun aplikasi tentang berbagai macam hadist shahih yang diriwayatkan oleh berbagai perawi. Tidak hanya itu, aplikasi islami untuk anak-anak juga banyak sekali, mulai dari games islami, berbagai macam do’a sehari-hari, ataupun bacaan dan tata cara shalat.

Tidak ada salahnya bukan kita mengunduh aplikasi islami ini? Misalkan ketika menunggu bus kita bisa memanfaatkan waktu untuk mengaji ataupun membaca hadist-hadist shahih. Begitu pula bila kita memiliki anak. Anak tidak hanya kita suguhkan dengan berbagai macam games yang tidak membuat pengetahuan islamnya bertambah, namun pilihlah aplikasi yang bermanfaat baginya. Misalkan melalui puzzle ia tahu bagaimana bentuk huruf-huruf hijaiyah atau sambil melihat gambar anak tahu bagaimana gerakan shalat beserta bacaannya.

So.. tunggu apalagi sister.. yuk manfaatkan aplikasi islami ini selagi kita memiliki sarana untuk mengunduhnya. Jadikan waktu kita lebih bermanfaat dan barakah!!

-- 

Oleh Sri Windhari (@sri_windhari)

2 comments:

  1. Gadget sudah menjadi kebutuhan pokok bagi mayoritas manusia
    Gak tau deh klo gak ada gadget, manusia sekarang mau ngapain
    Btw, setuju banget tuh dg aplikasi Islami di HP/gadget. Banyak aplikasi yg bagus sekarang. Ada Al Qur'an, hadits, do'a, kamus bahasa arab, ijma', aplikasi sholat, dan sebagainya.

    -rizka-

    ReplyDelete
  2. iy mb.. smg kt dapat memanfaatkan gadget ini dengan sebaik2nya..
    salam kenal mb :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...