Tuesday, November 26, 2013

#MenulisMuharram: Be Confident, Ladies

Seumur-umur bikin blog dan nulis diary, belom pernah yang namanya ikut project nulis, tapi sering baca project nulis dari beberapa penulis. Sampe akhirnya, neng Prima meluncurkan project #MenulisMuharram dan saya ikutan dan temanya, *ehm* MENJADI PEREMPUAN PERCAYA DIRI *dor*

Jadi perempuan percaya diri itu ga semudah yang kita liat atau yang semudah yang kita denger, true!! Bagi saya apalagi. Kenapa? Let me get this easy.
1. Physically, bentuk badan saya jauh dari "normal" orang kebanyakan dan dari poin ini, saya udah jiper duluan.
2. Saya dari dulu punya masalah sama yang namanya mumbling. Saya juga ga paham kenapa, tapi ini jadi salah satu alasan saya masuk di jurusan ilmu komunikasi, berharap saya bisa ngurangin penyakit nggremeng sambil ngomong dan jelas bikin saya ga pede.
3. Dan masih ada beberapa alasan ketidak-pedean saya yang rasanya ga akan cukup dituliskan disini.

Buat saya, adalah wajar kalo ada saatnya seorang perempuan jadi ga percaya diri. Ga percaya? Saya pernah baca di salah satu penelitian kalo ada satu hari dalam setiap bulan, dimana perempuan secantik apapun, ga pede dengan dirinya, ga peduli sebagus apa badannya, sebagus dan semahal apa baju dan make up yang dipake. Blame it to hormones? Saya yakin, para perempuan cantik yang baca tulisan ini juga pasti setuju. I'm with you girls.


Sampe detik ini juga saya masih aja sering ga percaya diri. Tapi saya kemudian nyoba untuk mikir lagi, "lah, terus kalo saya ga pede terus, saya ga bisa maju donk?" *DOR* Contohnya, saya perlu ngambil keputusan penting buat hidup saya, tapi, kebanyakan mikir dan pertimbangan itu pada akhirnya bikin saya ga percaya diri. Trus, gimana saya bisa merubah hidup kalo begitu terus?

Mutusin mau pake baju apa aja harus sehari semalem, gimana mutusin milih baju nikah? *ehhh*

Setelah berbagai masalah saya lewatin, hingga akhirnya saya berusaha ngambil kesimpulan, orang jadi percaya diri itu setelah dia ditempa berbagai masalah, dengan berbagai skala. Kenapa? Sadar atau enggak, masalah yang kita hadapi itu intinya sama, cuma dengan bentuk, tekanan dan waktu yang bervariasi, entah laki-laki atau perempuan. Itu pun belum usai, masalah sama pun belum tentu bisa dihadapi dengan cara yang sama, belum tentu juga orang lain bisa ngasih saran yang sama atau sesuai yang kita pengen.

Di pointterakhir ini yang bahaya, ketika kita udah mutusin sesuatu dan ada pendapat atau saran lain yang sempet bikin goyah. Jungkir balik kepala dibuatnya. Tapi kita sering ga sadar, Allah-lah yang punya kuasa bolak balik hati dan pikiran, Sering marah-marah dan banyak ga terima kalo ada saran yang ga sesuai sama apa yang dipengen. Sungguh, saya pun seringkali ngalamin. Dengan jumawa bikin rencana trus harus terburai sebagian karena saya ga percaya diri dengan keputusan yang saya ambil.

Hasilnya? Saya jadi lebih stres, tertekan dan maunya cuma marah-marahin orang yang udah bikin rencana saya berantakan. Seringkali lupa menyertakan Allah di setiap keputusan yang saya ambil. Hingga akhirnya, saya memutuskan untuk lebih sering menyertakan Yang Punya Hidup dalam keputusan saya. Entah akan berhasil atau enggak, yang penting saya bisa lebih yakin dengan setiap langkah yang saya ambil, itupun kadang masih ragu. Tapi, bukannya ragu itu yang bikin kita ga mau dan ga bisa melangkah jauh ke depan? Dan lagi, bukannya sudah pekerjaan syetan ya bikin ragu manusia?

Menjadi perempuan percaya diri itu butuh waktu, butuh tenaga dan butuh kesabaran. Nasehat ahli yang masih saya sering lalaikan adalah "sertakan Allah di setiap keputusan yang diambil". Tapi, selama kita masih mau belajar dan berusaha, dan terus usaha memperbaiki diri, apa yang ga mungkin? Toh Allah sudah menasbihkan, Ia tidak akan merubah nasib suatu kaum, kecuali dia merubah nasibnya sendiri? Percaya pada keputusan yang kita ambil, yakini dan sertakan Allah di dalamnya, dan VOILA!! We grab the world in our hands. Be brave, be confident for what we stands up girls! Man Jadda wa Jadda. 

--

Oleh Vicky (@vickysyalala)

1 comment:

  1. Huhu. Kok kita sama yah.
    Aku juga sering gak pede
    Maklumlah anak introvert
    Btw, aku suka dg nasihat mbak loh "sertakan Allah di setiap keputusan yang diambil". Karena keputusan Allah itu sangat baik bagi kita. Hanya Allah yg tau apa yg terbaik dan kebutuhan Kita.

    -rizka-

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...