Friday, February 27, 2015

When Life Gives You Lemon, Here's What You Can Do!

Honey-Lemon Shot --- pic from here.

Sekitar pertengahan tahun lalu, saya mulai mengenal infused water berkat seorang teman kantor. Saya tergoda melihat tumblernya yang ‘ramai’ dengan potongan lemon. Memang sebelumnya saya sudah sering membaca tentang khasiat infused water, tapi ngeliat langsung teman minum baru sekali ini. Awalnya saya minta satu-dua potongan lemon dari si teman kantor. Apalagi dia junior kan jadi pasti takut sama saya dan memberikannya, mwahahahahaha. 

Setelah beberapa hari memalak mengemis potongan lemon, saya pergi ke supermarket dekat kantor dan menemukan kenyataan…hasyem harganya lemon impor mahal banget, bro! *nangis di pojokan supermarket* Pantes si junior mukanya agak-agak keki kalau ngasih saya lemon. Sampai sekarang, harganya juga tetap mahal kok, sayang banget ga ngikutin fluktuasi dolar *lah* Dua buah lemon biasanya berharga sekitar dua puluh lima ribu, setara dengan ongkos bensin saya seminggu. Ngok.

Jadi, waktu itu saya beralih ke strawberry. Kebetulan ada kurir yang jualan strawberry organik dan harganya cukup murah. Kalau dua puluh lima ribu itu bisa dapat sekotak, jadi ga cuma bisa dipakai untuk infused water tapi juga untuk cemilan.

Buat saya, infused water punya fungsi utama untuk menyegarkan mulut seusai makan. Kalau menghilangkan haus sih, ya ga usah ditanya lagi. Nah buat kebanyakan orang yang punya masalah dengan kurang minum air, infused water berguna banget untuk memberikan rasa (flavor/taste) ke air. Jadi lebih semangat untuk minum dan me-rehidrasi tubuh.

Nah, setelah di Jogja, saya mulai mengonsumsi infused water dengan potongan lemon lagi. Kabar baiknya, berhubung saya #OgahRugi dan ingin memaksimalkan manfaat dari lemon, saya juga menggunakannya dalam bentuk:

1. Honey-Lemon Shot
Jujur, saya tergoda dengan wajah kak Alodita yang glowing. Kebetulan saya juga pertama kali baca tentang honey-lemon shot di blog kak Alo. Belakangan saya paham, kalau wajah glowing tersebut tidak hanyak disebabkan oleh honey-lemon shot, tapi juga perawatan wajah dengan SK-II dan memiliki suami sekeren Kak Abenk :))) Perjuangan mendapatkan wajah yang glowing semakin sulit saja, pemirsa.
Anyway, saya sudah hampir tiga minggu minum honey-lemon shot, dan rasa-rasanya belum begitu tampak perubahannya. Menurut saya – yang sok teu – ini disebabkan karena cuaca Jogja yang tidak menentu. Jadi meski konon katanya minum honey-lemon shot bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan menghindarkan sakit, saya belum merasakannya. Mungkin yeee, baru dua minggu ini. Nanti kita ngobrol lagi kalau sudah dua tahun minum honey-lemon shot ya sist.
Tapi, yang benar terjadi adalah, beberapa minggu terakhir ini saya tidak mengalami radang tenggorokan. Biasanya langganan banget, sebulan sekali ada. Alhamdulillah, semoga honey-lemon shot benar-benar bisa menjauhkan saya dari radang tenggorokan selama-lamanya.
Selain itu, kombinasi konsumsi honey-lemon shot dan infused water dengan lemon, bikin perut ga terasa begah. Biasanya pemilik perut buncit makmur sering mengalaminya nih. Tapi dengan rajin mengonsumsi keduanya, niscaya perut anda akan lumayan kempes. Asal porsi makannya ga meningkat jadi dua kali porsi normal ya.

2. Perawatan Wajah

Potongan lemon yang sudah digunakan untuk infused water seharian, biasanya masih cukup utuh di sore hari. Kecuali teman-teman kocok-kocok tumbler-nya, atau dicolok-colok potongan lemonnya. Jadi, daripada dibuang begitu saja, saya meremas lemonnya dan menepuk-nepuknya di wajah. Setelah lima belas menit-an, saya bilas dengan facial wash dan air. Setelah dua minggu-an, kelihatan banget kalau wajah makin cerah.
Cuma nih, siap-siap aja wajah terasa perih banget kalau ada jerawat yang baru keluar. Jadi baiknya menghindari calon jerawat, dan difokuskan ke noda-noda hitam bekas jerawat. Tadaaa, kita punya pencerah wajah alami nan ekonomis.

Sementara ini, saya baru menemukan tiga manfaat lemon, selain juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau amis di bekas penggorengan. Emak-emak banget ya prim. Kalau ada teman-teman yang mau menambahkan, monggo silahkeun, tiada kesan tanpa comment-mu ;)

Lots of love,
Prima

18 comments:

  1. Buat bikin es serut *emm, segarr :9

    Baru ngeh kenapa kamu ikut IHB Jogja (tau dari blog si Lia), pan dirimu S2 di UGM *lupaa banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaa kecut-kecut seger gitu ya Kak :))

      Iyaaa doain kerasan tapi cepat lulus juga ya Kaaak ^^

      Delete
  2. hmm, bisa sehat sekaligus perawatan wajah juga yaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, sekali mendayung, dua-tiga pulau terlampaui :))

      Delete
  3. Perut begah? Aku bangeet. :3 Thanks sist for sharing :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Horeee sesama perut makmur *berpelukan*

      Delete
  4. Aku pernah banget tuh kak, hari ini beli lemon di farmers 25 dapet dua, eh ternyata lagi musim lemon (lokal), di pasar 10 ribu dapet tiga.. Hancuuur hati :") honey lemon buat ak emang bikin ga gampang flu sih, tapi entah kenapa pas konsumsi itu malah cepet laper jadinya ahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oyaaa, iya yah kudunya nyari lemon lokal *melipir ke pasar*

      Madunya tambahin say, karena akupun selalu minum madu sebelum jogging, lumayan menunda lapar :D

      Delete
  5. Aku gajadi flu gegara ini.. Dr kmren usaha keras bgt jgn smpe flu, soalnya kalo pas hamil gini kalo bersin ato batuk agak keras dikit mesti kepipisan 😫😓😭 jd kalo sdh kerasa gejala flu, minum beginian. Kalo yg suka baking kaya aku, lemon zest nya dibikin kue :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah mau dibikinin kueee ;)

      Asik banget, aku juga deh, kencengin aja kalo muncul gejala flu..

      Delete
  6. aku pernah coba juga ini mbak, tapi semenjak lahiran udah jarang hehee

    ReplyDelete
  7. Aku pernah juga nyoba mak,tapi sekarang udah enggak lagi :D :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi kalo ada resep-resep alami lain boleh bagiii mak :D

      Delete
  8. kok bingung... wajah glowing simplenya pake sering wudhu, positif thinking dan memperbaiki hubungan dengan Allah
    dengan sendirinya Allah memperbaiki tampilan fisik kita :)

    ReplyDelete
  9. Honey lemon?? Hooh di sini juga mihil Mbak.
    Eh minuman ini juga bisa jadi antioksidan kan ya.

    ReplyDelete
  10. Mba primadita saya dimas dari Trans7 Jakarta..
    Aku mau minta kontak dirimu boleh?
    Aku butuh testimoni kamu sebagai narasumber orang yg menggunakan metode honey lemon shot..
    Rencana kamis ini aku ke jogja..
    Mohon balasaannya ya..

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...