Thursday, November 14, 2013

Too Sweet to Ignore


Ada yang tahu kalau hari ini adalah Hari Diabetes Dunia?

Yup, diabetes.
Sebuah penyakit yang mengingatkan kepada kita bahwa kesehatan itu mahal harganya – tapi kalau sakit, akan jauh lebih mahal lagi.

Penyakit Diabetes atau Diabetes Melitus (DM) adalah suatu penyakit yang diderita seseorang yang disebabkan karena kurangnya insulin dalam tubuh. Insulin sendiri adalah sebuah hormon yang dihasilkan oleh sel beta pada pankreas. Insulin disini berfungsi untuk menyerap glukosa dari dalam darah yang digunakan sebagai energi tubuh. Kalau tubuh kekurangan Insulin, kadar glukosa akan menumpuk di dalam darah, sehingga pada akhirnya menyebabkan seseorang mengidap diabetes.
*sumber informasi dari sini

Saya pernah datang ke sebuah seminar yang menyebutkan bahwa beberapa penyakit degeneratif (penyakit yang seringnya belum ada obatnya, dan proses pemulihannya butuh waktu yang sangat lama) , beberapa diantaranya pasiennya makin lama makin muda. Udah ga heran lihat umur 30-an udah kolesterol dan jantung. Serem banget kan yaaa.

Salah satu penyebab penyakit degeneratif ini memang keturunan. Tapi pernah ga kepikiran kenapa orang tua memegang peranan yang sangat penting dalam 'menurunkan' penyakit ini? Yup, karena gaya hidup-nya relatif sama. Kita makan di meja makan yang sama, mungkin sebagian berolahraga (atau tidak berolahraga) dengan cara yang sama. Ini yang bikin kita jadi punya potensi untuk mengidap penyakit yang sama dengan orang tua kita (terlepas dari genetis juga mempengaruhi).

Padahal, terutama untuk diabetes, Al-Qur'an sudah memberikan anjuran yang sangat baik untuk diaplikasikan lho. Coba cek ayat Qur'an dibawah ini..



Nah kan. Rasulullah sendiri juga sudah mewanti-wanti, '...berhentilah makan sebelum kenyang.' Artinya ya makan itu secukupnya aja, ga pake ini-itu dilahap kayak ga pernah makan. Cemilan juga seperlunya saja, hanya untuk menjaga tingkat energi kita; dan supaya kita tidak terlalu lapar saat menunggu jam makan tiba.

Apalagi sebagai seorang perempuan, one day we will be a wife and a mother. Meskipun kita ga bisa masak, dapur kan akan menjadi 'wilayah kekuasaan' kita. Demi mewujudkan keluarga yang sehat, kita harus lebih memperhatikan pola makan dan juga makanan apa saja yang dibutuhkan oleh tubuh. Ya jenisnya, ya jumlahnya – hmmm, sepertinya mesti banyak belajar nih. 

Coba deh cek satu website ini: Soylution

Disini ada banyak informasi tentang kesehatan, mulai dari pola makan hingga gaya hidup yang dianjurkan, terutama untuk penderita diabetes. Dan meski kita bukan penderita diabetes, tetap bisa menikmati features yang ada di web ini. Sssttt, ada resep-resep masakan sehat juga lho!

Langsung deh browsing, dan share ke saya yuk, tips sederhana sister dalam menjaga kesehatan ;)

Love,
Prima

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...