Tuesday, November 5, 2013

#MenulisMuharram: Tok Tok Tok, Ada Tamu

Hola aloha Sister,

Mudah-mudahan pada libur ya hari ini. Kalau ternyata masih harus mengerjakan rutinitas seperti bekerja, sekolah, kuliah, mengerjakan tugas, dan lain-lain – tetep disyukuri aja karena sudah diberi kesehatan oleh Allah untuk mengerjakan semuanya ;)

Sepertinya saya harus membuat blog post ini agar lebih jelas untuk Sister. Kalau jelasin di Twitter, mungkin aja pas Sister ga baca, hehe. Ini pengetahuan yang relatif baru untuk saya sendiri, jadi kayaknya lebih seru kalau dibagi supaya makin banyak yang tahu ^^

Guest blogging, seperti yang sedang sister semua lakukan adalah salah satu hal yang cukup terkenal di dunia blogging. Sebagai fans fashion blog garis keras *halah* biasanya fashion blogger itu melakukan guest blogging untuk satu tema. Misalnya, casual office attire, nah para fashion blogger berduyun-duyun menampilkan baju ngantor terbaiknya di satu blog yang mengundang. Serunya para pembaca bisa menikmati tren fashion di satu tempat, tanpa perlu mengecek satu-satu fashion blog – meski sesudahnya pembaca punya pilihan untuk mengakses masing-masing fashion blogger yang berpartisipasi.

Kali ini kita kesampingkan dulu hubungan guest blogging dengan SEO (ilmu yang memudahkan orang menemukan tulisan kita di google search engine berdasarkan keyword yang kita sebutkan dalam tulisan). Iya, saya juga ga begitu ngerti. Hehehe. Tapi secara umum, ada beberapa keutamaan dari menjadi guest blogger, yaitu:

1. Melatih kemampuan menulis

Mungkin nih, kalau kita nulis di personal blog, agak asal-asalan karena ya paling yang baca itu lagi itu lagi (hahaha, saya banget – ga pernah pede sama blognya, ngerasa ga akan ada yang baca). Tapi kalau kita menjadi guest blogger, kita berhubungan dengan ‘pasar’ pembaca yang berbeda; jadi lebih berhati-hati dan memikirkan lebih dalam apa yang akan kita tulis.

Hmmm, serius banget. Oke, keutamaan kedua?

2. Menjaring pembaca untuk blog kita

Yup, makanya di akhir post #MenulisMuharram saya cantumkan blog sister, supaya pembaca bisa mampir ke blog sister setelah membaca post #MenulisMuharram di blog ini. Guest blogging sudah dipercaya sejak lama sebagai salah satu ajang promosi blog. Mungkin selama ini kita seringnya cuma membagikan link tulisan kita di Facebook atau Twitter kita, sekarang kita punya lebih banyak pilihan untuk mempromosikan blog kita.

3. Menemukan komunitas
Pada akhirnya, mendapatkan teman baru atau menjalin networking bernilai lebih besar daripada sekedar promosi, betul? Makanya, dengan guest blogging kita menemukan forum atau blog yang sejalan dengan minat kita, misalnya untuk #MenulisMuharram ini, saya mendapatkan banyak saudara baru yang memiliki semangat untuk terus menambah ilmu agama. It’s so beautiful, isn’t it? Mudah-mudahan dihitung sebagai amal baik ya, Sister.. Aaamiiin..

Makanya, kalau sister tanya, ‘kapan bisa publish tulisannya di blog saya mbak?’ Sebenarnya nih, ga perlu. Karena namanya guest blogging, ya tulisan sister hanya ada di blog yang mengundang sister. Gitu..

Tapi, berhubung guest blogging belum begitu populer di Indonesia, saya cuma bisa bilang sekali lagi, untuk #MenulisMuharram ini, tulisan Sister dikirim ke email saya dulu; dan boleh di-post di blog Sister pada tanggal postingan Sister di program #MenulisMuharram. Jadi bukan duluan di blog Sister terus baru masuk #MenulisMuharram..

Demikian, semoga penjelasan ini dapat diterima.

Have a nice day! ^^

Lots of love,
Prima

**untuk update postingan #MenulisMuharram, cek aja disini >>
http://theprimadita.blogspot.com/2013/10/menulismuharram-here-we-go.html

1 comment:

  1. Alhamdulillaah. . Terima kasih atas pencerahannya mb.. :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...