Wednesday, November 13, 2013

#MenulisMuharram: Berjalan di Jalan-Nya

Kalau ditanya doa favorit pasti jawabannya ga cuma satu. Tapi kalo banyak-banyak bisa-bisa ntar tulisannya ga jadi blog post, tapi jadi cerbung alias cerita bersambung dong >_<

Baiklah, di antara yang favorit dipilih yang TERfavorit, masih dapet beberapa doa, dan akhirnya untuk #MenulisMuharram, saya mau share doa yang satu ini.


"Rabbanaa aatinaa minladunka rahmah, wa hayyi'lanaa minamrinaa rasyadaa."

Ya Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu, dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus pada kami dalam urusan kami.

Diambil dari Al Qur'an surat ke-18: Al-Kahfi, ayat 10. Yang biasa Al-Kahfi-an tiap hari Jumat pasti ga asing lagi sama doa ini. Dalam kisah Ashabul Kahfi, kalimat indah ini diucapkan oleh para pemuda yang berdiam di gua demi menjaga keimanan mereka.

Di rimba kehidupan (etsaah), pastinya banyaaak sekali urusan dan keperluan kita. Banyak pula keputusan yang harus diambil, langkah yang harus dipilih, alternatif jalan yang harus ditempuh. Begitu banyaknya hingga kalau kita ga pake petunjuk dari-Nya, kita bakal tersesat, paling minim bakal capek karena muter-muter dulu.

Misalnya aja nih, urusan yang sepele kaya obat jerawat mana yang paling cocok. Kalo ga ngadu dulu sama Allah, bisa-bisa kita coba ini-itu, googling ke sana kemari gaa dapet-dapet juga obatnya, malah makin eksis tu jerawat. Dari sesederhana urusan beli buku mana yang bagus dan manfaat, sampai jodoh mana yang baik lagi tampan (ehm). Dari soal pakaian ini sudah syar'i atau belum, sampai ke perkara pekerjaan ini halal atau tidak.

Beneran, di setiap urusan, kita butuuh banget petunjuk dari Allah. Karena tujuan kita cuma dan hanya ridha Allah semata, kalo langkah kita ga ditunjuki bisa-bisa ga sesuai sama aturan-Nya dan Dia ga ridha akhirnya cuma lelah dan rugi :(

Makanya, meski juga selalu minta petunjuk saat mengalunkan Al-Fatihah di tiap rakaat sholat, saya suka sekali doa ini. Semoga kita selalu dilimpahi rahmat oleh-Nya, dan senantiasa dalam bimbingan dan  petunjuk-Nya, amiin.


-- 

Oleh Dessy (@coffeecream)

1 comment:

  1. Subhanallah, keren banget
    Mau pilih obat jerawat saja, mbak minta petunjuk kepada Allah. Two thumbs for you sister.

    -rizka-

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...