Monday, January 12, 2015

#1Day1Dream: International Islamic Literature Festival

Ini salah satu sesi di Ubud Writers and Readers Festival, Bali. Pic from here.

Perkiraan Pencapaian: Agustus 2016

So... hello, how are you?

Ya ampun, saya ga nge-blog selama dua hari. Project manager macam apa saya ini? *tabokin diri sendiri*

Tadinya saya udah mau nge-post tentang hal ini pada hari Sabtu, untuk menutup cerita impian diri sendiri batch pertama. Tapi blog post-nya terlanjur saya tulis dalam bahasa Inggris. I would love to translate it… but, a project manager can be (super) busy too, right *excuse*

Beberapa hari ini saya berjibaku (halah) dengan berita-berita tentang islamophobia, angka kemiskinan dan kebodohan umat Muslim di dunia – but surprisingly, I also find myself observing about how Muslims show real good impact to the world with their business, policy, or ideas. Thanks to Fira (@Shaacchan) who helped me a lot ;)

Sebagai seorang muslim, saya sedih melihat keadaan ini. Saya juga amat sangat marah dengan orang-orang yang mengaku muslim tapi melakukan hal-hal mengerikan. Ya, saya tahu berjihad itu pahalanya sangat besar, tapi entah kenapa memerangi kaum non muslim secara fisik tidak pernah terbersit dalam pikiran saya.   

Di sisi lain, dengan semakin banyaknya berita tentang Islam, ternyata banyak pula orang yang semakin tertarik. Mereka ingin mengetahui lebih banyak tentang ajaran Islam, orang-orang Islam yang berpengaruh – yang artinya mereka ada sedikit keyakinan bahwa Islam tidak seperti apa yang digambarkan oleh kejadian-kejadian buruk belakangan ini.

Sedihnya, terkadang mereka tidak mendapatkan apa yang mereka cari karena mereka tidak tahu harus bertanya ke siapa. Kebanyakan media memang menyudutkan islam dengan agenda setting mereka; kebanyakan orang Islam lainnya tidak menguasai bahasa Inggris dengan baik – atau bahkan tidak memahami agama Islam itu sendiri - sehingga tidak dapat menjawab rasa penasaran mereka.

Maka dari itu, saya akan mengadakan event bertajuk ‘International Islamic Literature Festival’ pada bulan Agustus 2016. Saya akan membuat beberapa panel diskusi dimana para pengunjung (sasaran saya adalah non muslim dari berbagai negara) dapat menambah pengetahuan mereka tentang Islam, khususnya sastra, seni, dan budaya. 

Sastra, seni, dan budaya saya pilih karena ketiganya bisa menggambarkan keindahan islam. Di berbagai belahan dunia, dipercaya bahwa pada masa lampau, Islam disebarkan dengan pedang dan kekerasan. Sementara, kita sebagai umat Islam, tahu bahwa hal itu kurang tepat. Termasuk umat Islam di Indonesia yang tahu benar bahwa Islam disebarkan melalui akulturasi dengan seni dan budaya, yang diwakili oleh Wali Songo.

Event ini juga akan sangat berguna untuk muslim/muslimah muda yang ingin menemukan ‘jalan pulang’ – sebuah alasan untuk menumbuhkan rasa cinta kepada agama Islam, serta bagaimana mereka dapat menjadi duta Islam yang menyiarkan Islam dengan penuh kebanggaan.

InsyaAllah, saya akan mendapat kesempatan untuk belajar bagaimana menyelenggarakan event skala internasional di Emirates Airline Festival of Literature 2015 di Dubai. Cuma, sampai saat ini, saya belum punya dananya untuk berangkat kesana. Doakan saya segera mendapatkan solusi ya, agar saya bisa melanjutkan perjuangan untuk ummat.

Bismillah.

Salam,
Prima

P.S.: saya menerima panitia dengan tangan terbuka, monggo yang mau ikut berpartisipasi boleh mengajukan diri ke email ya ;)

4 comments:

  1. Hmm, kalau misalnya rencananya sudah cukup matang, pasti menyenangkan bisa ikut menjadi bagian di dalamnya. Nggak hanya sekadar ajang promosi dari penerbit (yang biasa ada di Pameran Buku Islam), tapi pasti acara keren ini lebih kepada bagaimana seni, sastra, dan budaya itu berkembang.

    Kalau boleh, nanti ajak-ajak Syifa deh, tapi Agustus 2016 adalah masa transisi dari anak SMA ke (calon) kuliahan, hehe. Hamasah Kak Prim :)

    Baca #1Day1Dream Syifa

    ReplyDelete
  2. Huaaa sangat tertarik untuk gabung jd panitia kakk^^

    ReplyDelete
  3. menarik kak acaranya, gak ada ketentuan tertentu untuk jadi panitianya kak?

    ReplyDelete
  4. sepertinya menarik acaranya, tapi saya kurang lancar bahasa inggris dan ingin untuk jadisalah satu panitianya heheh. oh iya saya ngga tau emailnya mbak

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...