Thursday, January 8, 2015

#1Day1Dream: Menghafal Asmaul Husna dan Juz 'Amma

Pic from here.
 
Perkiraan pencapaian: sebelum ulang tahun saya, Oktober 2015

Sebagai seseorang yang udah bawaan oroknya hampir selalu tidur lagi sesudah sholat subuh, saya membutuhkan suasana yang tenang untuk kembali tidur. Lucunya, ‘lullaby’ saya di pagi hari itu malah lantunan ayat Al-Qur’an yang dibacakan oleh ayah atau mama saya. Keduanya memang kerap mengaji hingga matahari terbit, kira-kira sampai saya bangun lagi dan bersiap untuk kegiatan saya hari itu.

I am dreaming to have that kind of house. Yang setiap habis waktu sholat ada lantunan ayat Al-Qur’an, tapi bukan kaset. Siapa yang baca? Saya, suami, dan anak-anak. *brb nyari partner beranak*


Tapi sebelum ngomongin kebiasaan baik satu itu, kita bahas dulu impian saya yang ini. So it’s kinda embarrassing. Resolusi ini adalah resolusi tahun 2014 yang tingkat pencapaiannya tidak sampai sepuluh persen. 

Memang bener, ngafalin nama anggota Super Junior lebih gampang daripada nama-nama Allah. Bukannya saya hafal nama mereka juga sih.. but you know what I mean.

Tadinya, saya sudah ditugasi mama untuk menghafalkannya dengan cara disebutkan dalam berdzikir. Setelah sholat tahajud, subuh, dzuhur, dan seterusnya – nama-nama yang kita lantunkan berbeda-beda. Tapi setelah setahun, saya baru tahu beberapa belas saja, termasuk arti dan maknanya.

Meski saya tidak begitu percaya dengan ‘keajaiban’ asmaul husna - misalnya baca A seribu kali bisa mendapatkan jodoh #tetep – tapi saya yakin, dengan mengenal Allah, kita bisa menjadi muslim/muslimah yang lebih baik. Salah satu cara mengenal Allah ya dari namanya.

Hafalan juz 30 juga ga kalah memalukan. Gimana katanya mau punya anak hafidz, ini (calon) ibunya yang dihafalin malah jus alpukat, jus semangka, jus melon, lalala.

Padahal saya sudah punya trik buat menghafalkan surat pendek lho. Jadi hari senin-rabu setiap mengaji sesudah sholat maghrib, baca satu surat berulang kali. Kamis-jumat nyoba ngafalin, sabtu udah hafal. Mesti rajin aja. Tapi ya itu, rasa malesnya lebih mendominasi.. :(

Mungkin nih, karena ga ada yang memotivasi. Ga ada temannya yang sekaligus juga bisa berfungsi sebagai kompetitor. Kadang adanya saingan bisa bikin terpacu lho. Jadi gimana, ada yang mau jadi saingan saya? ;)

Salam,
Prima
 

13 comments:

  1. Dulu pas aku dipondok pernah hafalin jus 30.. itupun tuntutan sih kak. Tapi seiring berjalannya waktu eh.. mungkin hapalan sudah ikut tertelan waktu.
    Tapi pernah sih kepikiran untuk menghafal lagi.. tapi ya gitu gak ada partnernya..
    ayo saingan kaka :) aku juga di surabaya nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah, aku sekarang lagi domisili di Jogja nih..
      hayuk, email aku yuk, kita kontak-kontakan buat saingan beneran ;)

      Delete
  2. ayokk mbak, berkompetisi sama aku ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu? belajar bahasa Inggris aja ga jadi-jadi, hayo!!!
      *tabokin Ocha*

      Delete
  3. dulu... dulu banget pas SD gue pernah hapal juz 30. Tapi skarang, gara2 emang jarang diamalin, jadi lupa sendiri hehehe.. pengen deh kayak dulu lagi :"(

    ReplyDelete
  4. kalo ngapal Asmaul Husna aku dari SMA udah bisa, dijadiin tugas itu dan alhamdulillah masih hafal. Coba kak cari asmaul husna yang diiringi musik gitu jadi gampang hafal deh, dan juga enak buat dilantunkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku pernah denger.. tapi aku takut kalo didenger produser nanti aku dikontrak untuk bikin album.. Kasian Raisa.. #eh #SalahFokus

      Delete
    2. biarin kasian Raisa, aku engga suka dia kok karena dia juga engga suka aku. Kami memang sepaham. #halah #bebash

      Delete
  5. Kalo ngapal gitu, sering diulang aja mbak. Santai. Gak usah tergesa-gesa. Biasanya kalo ngapalnya cepet-cepet, nanti hilangnya juga cepet. Tips lain, hafalan yang udah kepegang, disetorkan ke orang lain. Itu juga bisa menambah kuat hafalan yang kita miliki. At last, jangan lupa doa. Bukan kita yang menghafal. tapi Allah-lah yang memungkinkan kita untuk menghafal kitab-Nya. Hehehehe
    Salam kenal. Chairul Sinaga. Mampir ke gubug saya di http://chairulsinaga.blogspot.com/ :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa, mungkin kurang doanya. semoga Allah berkenan membantu saya menghafal kitab-Nya :)

      Delete
  6. semoga tercapai ya kak menghapal asmaul husna dan jus amma nya.

    ReplyDelete
  7. Kak aku punya tipsnya nih >> http://zoellula.blogspot.com/2015/01/primadita-menghafal-asmaul-husna.html

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...