Friday, November 22, 2013

#MenulisMuharram: Dakwah My Way

Dear Muslim & Muslimah kesayangan-Nya Allah, calon penghuni surga-Nya Allah. Iya kamu, kamu yang lagi baca blog ini hehe. Aamiin ya Rabbal Alamiin :)

Berbicara tentang Dakwah pasti pikiran kita langsung tertuju pada Ustadz dan Ustadzah yang berceramah di depan khalayak ramai, atau berdakwah di atas mimbar di dalam masjid.

Ya ya yaa… itu gak salah kok ada benar nya juga.. tapi tahukah kalian, cara-cara berdakwah itu banyaaakkk sekali. Dan sekarang ini kaum muda islam juga banyak yang terjun langsung dalam dunia dakwah. Muslim dan Muslimah muda…generasi muda umat Islam sekarang dikepung dari segala penjuru mata angin, dikepung dengan budaya modernisasi kebarat-baratan. Takut ketinggalan zaman katanya kalau gak ngikutin trend dan mode sekarang. Padahal itulah salah satu siasat musuh-musuh Islam untuk menghancurkan para generasi penerus estafet dakwah Islamiyah, Astagfirullah. Mari kita bangkit dan mengajak teman-teman kita untuk kembali ke jalur Islam, agama yang diridhoi oleh Allah SWT ini.

“Bagaimana ya caranya?” Mungkin hal ini lah yang menjadi tanda tanya besar untuk kita. Dan kita akan berpikiran “Saya belum mampu ceramah,  ilmu saya belum cukup, pokoknya belum mampu…belum mampu pake banget deh.” Eitss  tenang tenang kalo bahasa sunda nya “KEEP CALM” hehe.  “Loh kok? Emang bisa apa dakwah selain ceramah di depan khalayak ramai ditonton ribuan orang seperti Ustadz dan Ustadzah kondang yang biasa kita lihat di tv?”

Nah daripada bingung kemudian bengong, baca dulu nih. Sekarang, banyak cara berdakwah kepada teman-teman tanpa harus ceramah. Seperti yang berikut ini. Penasaran? Let’s Check it Out :

1. Akhlak
Tidak dipungkiri akhlak merupakan salah satu jalan menarik orang lain dalam belajar Islam, seperti yang pernah dilakukan oleh Rasulullah SAW kepada seorang nenek tua Yahudi yang pada akhirnya nenek tua Yahudi itu masuk Islam. Jadi berdakwah dapat dilakukan dengan  akhlak yang baik. Seperti rajin sholat berjamaah di masjid, Suka bersedekah, suka menolong, bertutur kata yang sopan dan lemah lembut, murah senyum, dll.

2. Broadcast BBM Dakwah

Di zaman sekarang anak-anak muda sebagian besar memakai Handphone smartphone nih untuk berkomunikasi dan biar keliatan gaul katanya. Nah ini bisa lho jadi cara untuk berdakwah. Yup, Blackberry Messenger bukan lagi diperuntukkan bagi pengguna Blackberry saja, tetapi juga untuk pengguna Android dan Iphone. Nah di BBM tersebut kita bisa menuliskan pesan nasihat atau motivasi kepada contact yang ada di BBM kita. Caranya dengan menggunakan aplikasi broadcast message yang ada di BBM tersebut. Buatlah kata-kata yang menarik dan menyentuh sehingga teman-teman yang membaca dapat memahami isi pesan tersebut dengan baik, sehingga bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Upayakan isi broadcast BBM, nasehatnya dari Al Qur’an dan hadits yah…supaya kesannya gak menggurui. Oke kan? Yuk tunggu apalagi.

3. Facebook dan Twitter

Kalau bicara tentang FB dan Twitter pasti kalian semua pada punya akun kan? Daripada hanya diisi keluh kesah, curhat, tempat saling mencela….mendingan dipakai sebagai sarana dakwah. Gimana tidak, nasehat-nasehat yang kalian update so pasti bakalan dibaca teman kalian di FB dan Twitter. Siapa tahu aja mereka tertarik belajar Islam karena awalnya dari situ.

4. Stiker Islami
Selain berdakwah kalian juga bisa dapat keuntungan dari hasil penjualannya. Contoh nih “Muslimah, tutuplah aurat mu dengan berhijab sebelum kain kafan jadi hijab pertama dan terakhir untukmu.”.

5. Blog Islami
Media ini juga paling cocok digunakan untuk berdakwah ditengah kerlap-kerlip dunia teknologi. Jadi yang punya blog, daripada diisi dengan kegalauan pada pasangan yang belum halal, lebih baik diisi dengan tulisan nasihat dan motivasi islami yuk.  Buat tabungan kita juga nanti di akhirat kan? :)

Rasulullah SAW bersabda “Barangsiapa yang memberikan petunjuk atas kebaikan, maka baginya adalah seperti pahala orang yang melakukan kebaikan itu.” (HR. Muslim)

Yuk kita berlomba-lomba dalam kebaikan. Masih muda perbanyak prestasi bukan menggalaukan diri dengan hal yang tidak pasti. Masih muda perbanyak karya bukan bergalau ria yang membuatmu celaka.

Sekian tulisan dari saya, semoga bermanfaat bagi yang membaca nya. Aamiin Ya Rabb.
 
Wassalamualaikum Wr.Wb.
 

1 comment:

  1. Banyak cara untuk berdakwah yah
    Semoga Kita tetap bisa berdakwah dan selalu memperbaiki diri sister :))

    -rizka-

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...