Monday, January 13, 2014

#1Hari1Ayat: 5 Penyebab Sholat Kurang Khusyu'


 

1. Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman
2. (yaitu) orang-orang yang khusyu’ dalam shalatnya
(QS. Al Mukminun : 1 – 2)

Minggu lalu, saya sempat membaca artikel ini → http://www.aquila-style.com/focus-points/improving-my-solat/ dan saya jadi kepikiran. Konon nih, sebenarnya manusia biasa seperti kita itu ga mungkin banget untuk mencapai sholat khusyu'. Jangankan kita, sahabat-sahabat Rasulullah juga seriiing banget curhat ke Rasulullah tentang betapa susahnya sholat khusyu'. Tapi, kabar baiknya nih, kita bisa belajar dan berusaha kan? Makanya, berdasarkan pengalaman, saya mencoba mengumpulkan beberapa hal yang menyebabkan sholat kita kurang khusyu', antara lain..

1. Pakaian kita tidak bersih
Mama dan ayah saya selalu mengajarkan kami untuk memiliki baju yang dipakai khusus untuk sholat – diluar penggunaan mukenah dan sarung itu sendiri. Ngaku deeeh, ibu-ibu nih kalau udah selesai di dapur, trus langsung sholat, kan ga enak tuh, masa mau ketemu sama Sang Pencipta pakai daster buluk nan bau bawang dan ikan? Hehehe.

2. Pakaian sholat kita tidak bersih
Nah, kalau yang ini baru mukenah dan sarungnya. Berapa banyak teman kita yang suka malas kalau sholat di mall karena mukenahnya jamuran? Atau mungkin kita sendiri juga malas? Hih, emang ngeselin kan.. So, baiknya sih bawa mukenah sendiri kemana-mana; kan udah banyak yang kemasannya praktis.

3. Kebelet/ngantuk/lapar
Saya pernah baca, kalau kita mau ber-'hajat', disarankan untuk menyelesaikannya terlebih dahulu sebelum sholat. Kalau ngantuk gimana? Hmmm, mesti ditahan rasanya. Atau wudhu lagi, biar lebih segar. Kalau lapar? Ya paling tidak makan snack dulu deh.

4. Kepikiran sesuatu
Yakin banget semua pernah ngalamin lagi mikirin kunci hilang, eeeh tiba-tiba keinget pas sholat. Hahaha. Susah untuk dihindari sih, tapi kalau saya, biasanya sebelum sholat saya tulis notes apa ada sesuatu yang jadi pikiran saya. Nanti habis sholat boleh dipikirin lagi :)

5. Keramaian

Maksudnya nih, namanya tinggal di rumah ga sendirian, adaaa aja orang-orang yang 'mengganggu' sholat kita, meski mungkin mereka tidak bermaksud demikian. That's why orangtua saya keukeuh bikin ruang sholat sendiri di rumah, tidak terlalu besar kok, tapi paling tidak cukup untuk dua orang. Oya, bisa diakali juga dengan menyampaikan ke orang rumah atau kolega di kantor kalau kita mau sholat barang 10-15 menit. Saya sering lho, baru ruku' rokaat pertama, eh dipanggil mama karena mama ga tau saya sholat (ruang sholat di rumah saya agak 'nyelempit').

Semoga tips saya membantu ya.
Kalau teman-teman mau nambahin tips-nya di comment, boleh juga lho ;)

Salam,
Prima

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...