Monday, July 7, 2014

Selamat Datang Para Kawancut Baru - Tips Penting untuk Menaikkan Page Views

Welcome! \^^/

Minggu lalu, Mpok kite-kite semua, @irvinalioni udah accept lebih dari 400 Kawancut baru.

Hah, apa itu Kawancut?
Jadi, bagi yang belum tahu, Kawancut adalah sebutan dari anggota komunitas blogger Kancut Keblenger” (@KancutKeblenger). Kebetulan, saya bergabung disini sudah hampir delapan bulan, tapi sudah sering dengar tentang komunitas ini dari lama banget.

Mengapa saya bergabung disini?
Because I am proud of them.

Saya dan dua kawancut lainnya, @ivanardn dan @pratiwihputri pernah diundang oleh Hard Rock FM Surabaya – mewakili Kancut Keblenger – untuk berbagi tentang blogging. *tapi males nyari fotonya* 

 
Pada waktu interview, saya mengakui kalau dulu di jaman saya masih lucu-lucunya (baca: SD), menulis itu kegiatan yang engga keren. Tidak seperti kompetisi matematika, basket, atau drama yang dianggap wow banget.. Menulis? Duh apaan tuh?

That's why you can't imagine my happiness to know that young generation now is more exposed with writing activities – and they love it :)

Selamat datang untuk Kawancut Baru, semoga kakak-kakak (anggota-anggota yang sudah lebih dulu bergabung) bisa menularkan ilmu untuk menjadi penulis handal, atau setidaknya menulis dengan lebih baik, dan lebih bertanggungjawab.

Sebagai 'hadiah' penyambutan untuk para Kawancut Baru, saya kasih bocoran ya, gimana meningkatkan page views dengan cepat. Kebetulan, sudah saya praktekkan sendiri, jadi insyaAllah bermanfaat ;)

1. Ikuti challenge yang dibuat oleh penulis terkenal/selebtwit/akun info tulis-menulis
Saya masih ingat di awal-awal nge-blog di theprimadita ini, yang biasanya page views cuma 30-50/hari, hari itu saya mendapatkan hingga 700 page views. Yes, kalian ga salah baca. Waktu itu, saya ikut challenge People Around Us dari @amrazing; salah satu post saya yang ini, di-retweet dan dikomen, “sukaaaaa” sama dia. Ostomastis langsung melejit.
And you know what, it makes me motivated untuk bikin post yang lebih baik lagi. Jadi, jangan cuma ikutan sekali-dua kali aja. Poles terus tulisanmu supaya makin oke.

2. Tulis isyu yang sedang hangat

Isyu disini luas banget, bisa tempat nongkrong yang lagi heits di kota kamu; album baru dari artis favoritmu; atau memang sesuatu yang lagi nge-tren. Tips ini saya dapatkan dari buku Creative Blog Writing oleh kak @ollie. Soalnya, orang-orang pada googling kan, siapa tau kamu 'kebagian' perhatian dari yang lagi nyari berita tersebut. So, pantengin timeline Twitter jangan cuma buat galau-galau-an aja. Follow akun-akun berita dan orang-orang keren, supaya kamu tau apa sih yang lagi banyak dibicarakan.

3. Bikin giveaway
Siapa bilang iming-iming itu haram dilakukan? Giveaway adalah alternatif untuk mendapatkan pembaca, tapi dengan beberapa syarat, yang pertama adalah blogmu harus aktif. Sorry to say tapi giveaway tidak akan terlalu berguna kalau the readers come for nothing. Memang giveaway bisa menarik pembaca, tapi ketika mereka datang ke blogmu, make them stay longer and read more posts, so they have reason to come back.
Syarat lainnya dalam membuat giveaway: jangan susyah-susyah. Hadiahnya cuma pulsa sepuluh ribu tapi kamu minta pembaca untuk menulis blog post sepanjang seribu kata. Wew, no no. Ayo bikin sesuatu yang kreatif, dan beri reward yang spesial juga.

Selain tiga hal diatas, saya yakin there is no secret recipe for a blogger to be famous. Actually, nothing beat consistency and your authentic language. Ketelatenan dan ciri khas dalam menulis sesuatu, saya rasa, masih menjadi sesuatu yang paling 'menjual' :)

Satu lagi, ingatlah bahwa tidak ada sesuatu yang instan, bahkan mie instan pun harus diseduh terlebih dahulu :D

To be honest, page views saya masih jauh dari target, but I have tried to optimize it so I have nothing to worry about. Setahun yang lalu, waktu saya masih nge-blog di Helokim, saya ngobrol sama Raisa, pemilik blog Mimoyoja. Dia juga butuh sekitar setahun untuk punya reader base, yang menghasilkan sekitar 500-1000 page views/hari.

Be patient, and keep going!

Lots of love,
Prima

***

Semoga menjawab pertanyaan mbak @DwiAryanti juga ya ^^

4 comments:

  1. Tips yang bermanfaat sekali. :)

    ReplyDelete
  2. kalo nulis kehidupan sehari hari gabisa naikin page view ya kak ?

    ReplyDelete
  3. Dulu sempat iri lho sama blognya Kak Prima ini, launch-nya kan masih mudaan Kak Prima, tapi page views-nya udah dua kali lipat dari punyaku. Duuuh, tapi kalau dibandingkan sih, memang punyaku belum sebagus itu. Asyifa kan seringnya curhat, tapi karena ikutan projek #1Hari1Ayat juga, lumayan dikit-dikit naik, yaah... jalani prosesnya aja dulu :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...