Saturday, July 26, 2014

#1Hari1Masjid: Masjid Al-Ukhuwah, Bandung (Oleh Nabila Firdausi)

 
 
 

Alhamdulilah.. tak terasa bulan Ramadhan tahun 2014 ini memasuki sisa beberapa hari terakhir. Ini adalah Ramadhan kedua saya sebagai anak kosan (baca: anak perantauan). Saya semakin bersemangat mengejar Lailatul Qad'r di malam-malam ganjil terakhir ini. Semoga saya bisa mendapatkannya, amin..

Setelah setahun saya di Bandung ini (dalam rangka bekerja dan kebetulan penempatan saya disini), saya mengamati bahwa saat bulan suci Ramadhan ini warga Bandung memiliki semangat yang sama dengan warga Surabaya. Mulai dari ramainya jamaah berbagai Masjid, suasana ngabuburit yang menyebabkan macet, hiasan Ramadhan di berbagai mall dan perkantoran, hingga tak lupa di malam-malam ganjil banyak warga yang i'tikaf di masjid termasuk saya (walau tidak sampai menginap sih).

Salah satu Masjid favorit saya adalah Masjid Al-Ukhuwah yang berada di dekat Balaikota ini. Masjid ini cukup luas dengan tempat parkir yang lega, tempat wudhu bernuansa bebatuan dan yang paling saya suka adalah lantai masjid ini dari panel kayu. Arsitekturnya bagus dengan nuansa warna hijau zamrud dan keemasan.


Ini adalah foto on the spot, yang saya ambil dengan smartphone hasil THR saya, Asus Zenfone 5 (eh salah fokus hehe..). Terlihat mimbar depan dan bagian untuk akhwat (wanita) dibatasi oleh tirai-tirai hijau zamrud yang membatasi pandangan para ikhwan (pria). Banyak Ibu yang membawa anak-anaknya turut serta, saat saya tanya sih alasan mereka adalah ingin mengenalkan ibadah shalat tarawih selagi usia dini anaknya, luar biasa..

Masjid Al-Ukhuwah dengan dua lantai ini memiliki lampu gantung besar yang unik dan berdesain modern. Foto diatas adalah foto lampu gantung favorit saya di Masjid ini, nuansa modern dan hangat terpancar dari lampu berukuran raksasa ini.

Dengan plafon atas yang dibiarkan terlihat rangka baja bercat hijau, saya selalu suka memandangi bagian atas Masjid ini. Setiap hari, infaq yang terkumpul pada bulan Ramadhan ini berkisar 2-3juta. Dan ini selalu disampaikan sebelum kultum dilaksanakan. Suasana dingin dan sejuk di Masjid ini membuat betah para jamaahnya. Alhamdulillah juga hari ini saya khatam Al-Qur'an di Masjid ini :)

Saya sering shalat tarawih dan witir di Masjid ini. Selain karena 11 rakaat (hehe) juga para penceramah saat kultum pun bervariasi dan isi ceramahnya menarik. Saya lebih suka Masjid ini daripada Masjid Agung Bandung yang jauh sekali bila dibandingkan dengan Masjid Agung Al-Akbar Surabaya. Halaman Masjid Agung Bandung dipenuhi para PKL sehingga nuansa kumuh sudah terlihat dari luar Masjid. Bahkan rumor yang beredar ada beberapa PSK yang mangkal sering tertangkap saat razia di pelataran Masjid, naudzubillah.. Yah bukannya menjelekkan.. namun seharusnya Masjid Agung Bandung lebih dirawat.

Ini adalah foto suasana i'tikaf, saat saya memfoto ini sekitar pukul 21.30 WIB, sudah ada beberapa wanita yang bersiap i'tikaf disini. Mereka membawa tas besar yang sebagian besar berisi jaket / bantal kecil dan selimut. Mereka memakai kaos kaki karena suasana malam yang dingin. Sembari menunggu malam semakin larut, para wanita ini tadarrus Al-Qur'an, shalat sunnah hingga ada beberapa yang sudah terkapar tidur. Sedangkan di bagian ikhwan memang sudah banyak pria yang memenuhinya, sebagian lagi di basement untuk menikmati jajanan di kantin Masjid.

Foto diatas adalah foto rombongan di sebelah saya yang membawa dua tas besar, saya kaget saat mereka mengeluarkan bed cover, bantal hingga boneka beruang. Ternyata ada dua anak kecil yang ikutan juga, pantas ada boneka segala. Adik-adik tersebut ikutan mengaji juga loh, Subhanallah... sesekali si adik kecil berambut panjang itu melirik ke saya yang sedang mengaji juga, Kami jadi lirik-lirikan deh haha..

Jika Anda berkunjung ke Bandung, mari mampir ke Masjid ini. Letaknya yg sangat strategis menjadikan Masjid Al-Ukhuwah ini selalu ramai setiap hari. Saran saya, datanglah sebelum adzan berkumandang karena parkiran kendaraan di Masjid ini sering penuh padat. Oya, di basement parkir terdapat kantin yg menjual makanan (seperti yang sudah saya sebutkan diatas). Serta ada minimarket yg dikelola pengurus Masjid. Sekian, semoga bulan Ramadhan tahun ini jauh lebih baik daripada tahun lalu, amin.. :)


***
Penulis: Nabila Firdausi (@nabilafirdausi)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...