Thursday, July 10, 2014

#1Hari1Masjid: Masjid Agung Jami', Wonosobo (Oleh Wening Tyas Suminar)

Megahnya Masjid Agung Jami' Wonosobo
 
Ada yang sudah pernah berwisata ke Wonosobo? Pasti ada yang sudah dan ada yang belum (yaiyalaah…hehe). Bagi yang sudah, belum afdol dong kalau belum sekalian berkunjung ke Masjid Agung Jami’ Wonosobo, yang merupakan masjid terbesar di Wonosobo.

Masjid yang diresmikan oleh Mantan Presiden Soeharto ini belum berhasil saya korek infonya secara tuntas, karena ada narasumber yang belum berhasil saya temui. Sebenarnya dari seorang budayawan dan staff Dinas Pariwisata yang saya temui, beliau – beliau menyarankan saya untuk bertanya kepada Departemen Agama. Sayangnya karena belum berjodoh, jadi saya belum bisa menampilkan sejarah dan pendiriannya. Mungkin kalau ada kesempatan lain, saya akan mencari tahu dari sumber yang jelas dan terpercaya. 

Yang jelas, karena Masjid besar ini letaknya di pusat kota, berseberangan dengan Gereja, secara geografis memang merupakan simbol keberadaan bahwa pluralisme agama memang dijunjung tinggi di kota Wonosobo. Dan juga, karena ini menjadi salah satu masjid terbesar, bisa kita bayangkan bagaimana jumlah penduduk Wonosobo yang memeluk agama Islam.



Tampak dalam bagian bawah. Aula Masjid Agung Jami' Wonosobo
Bangunan masjid ini terlihat sangat megah dengan dua lantai. Tampak menjulang tinggi dan kubahnya bisa kita lihat dari berbagai sisi. Dengan tangga di tengah yang langsung menuju ke tempat sholat, dibuat seolah-olah seperti piramida dan terkesan mewah. Di sebelah utara bawah, tampak tempat wudhu dan toilet untuk pria, sedangkan untuk wanita di sebelah selatan. Interior di dalamnya juga tidak kalah menarik, bahan yang digunakan sebagian besar adalah kayu sehingga memberikan kesan sejuk dan tenang, yang menambah kekhusyukan waktu beribadah.

Uniknya, Masjid ini hampir setiap saat ramai dikunjungi pengunjung. Selain karena Masjid Agung ini juga merupakan salah satu objek wisata, masjid ini juga mempunyai sejumlah unit produksi, haiyah.. 
 
Toko Serba Ada, Kantor Sekretariat, dan BMT Al Jami' di Masjid Agung Jami' Wonosobo
 


Di sebelah selatan, bisa kita lihat Toko serba ada yang dikelola oleh Sekretariat Masjid (kantornya juga sebelahan dengan toko), lalu ada koperasi BMT Al Jami’, TPQ Al Jami’, dan juga PAUD Al Jami’. Jadi, tidak heran, masjid ini akan selalu ramai oleh pengunjung. Di samping utara, juga terdapat pelataran parkir untuk motor, dan juga warung-warung makan yang juga dikoordinir oleh Sekretariat Masjid Agung Jami’.



Setiap kali liburan panjang, Masjid ini juga tampak ramai dikunjungi para wisatawan, yang hanya sekedar lewat, beribadah, mengabadikan dalam foto, ataupun sekedar duduk-duduk cantik sambil istirahat. Kebetulan pelataran di luar masjid cukup luas jika ada bus-bus pariwisata atau mobil pribadi yang parkir.

Selain karena letaknya di jantung kota yang dekat dengan Alun-Alun Wonosobo, dekat dengan Perpustakaan Daerah Kabupaten Wonosobo, dan juga Pendopo Bupati Wonosobo; Masjid Agung Jami’ Wonosobo ini juga tidak jarang dijadikan sebagai tempat untuk mengucapkan ijab qobul, alias tempat akad nikah. Banyak yang menggunakan Masjid Jami’ sebagai tempat untuk akad nikah mungkin dikarenakan karena bangunan yang unik dan cantik, jadi bisa sekalian untuk post-wedding, hehe..

Contoh postwedding teman saya, Mbak Sinta yang akad nikah di Masjid Agung Jami' (ini di bagian luar Masjid) Source : Facebook Sinta
Meskipun sejarah dan pendiriannya belum bisa saya kupas dikarenakan waktu dan narasumber, namun saya tetap akan usahakan agar kita (saya khususnya) tidak penasaran, hehe.. Jadi, pokoknya kalau ke Wonosobo, jangan lupa mampir ke Masjid Agung Jami’ Wonosobo ya.. karena Wonosobo bangeeet pokoknya, hehe..

***

Penulis: Wening Tyas Suminar (@weningts)
Blog: http://weningts.wordpress.com/

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...