Friday, July 4, 2014

#1Hari1Masjid: Masjid Darul Falah, Bekasi Selatan (Oleh Rachmah Dewi)


Assalamualaikum Wr.Wb,

Senang sekali rasanya kita bisa bertemu dengan bulan Ramadhan lagi. Bulan yang dinanti-nantikan oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia. Alhamdulillah tahun ini kita masih diizinkan Allah SWT merasakan kembali nikmatnya bulan Ramadhan dengan kondisi sehat wal afiat, kondisi keluarga yang lengkap, dan juga dengan dikelilingi orang-orang tersayang. Itulah kenikmatan yang sangat tiada tara.

Alhamdulillah juga saya mendapat kesempatan untuk mengikuti project blogging competition #1Hari1Masjid oleh kak Prima.. Ini adalah kali ketiga saya ikut blogging competition yang diselenggarakan oleh kak Prima. Sebelumnya saya sudah pernah ikutan di #MenulisMuharram dan #1Hari1Ayat.

Oke, pada kesempatan menulis di #1Hari1Ayat ini saya akan menuliskan cerita yang ada di masjid lingkungan tempat tinggal saya, yaitu Masjid Darul Falah. Masjid Darul Falah terletak di Jl. Pakis Raya, Komplek Pondok Pekayon Indah, kecamatan Bekasi Selatan. Ya itulah tempat tinggal saya. Masjid ini berdiri sekitar tahun 1987-an. Udah cukup lama kan teman-teman :)


Nah di bulan Ramadhan ini, Masjid Darul Falah punya banyak sekali program-program Ramadhan. Saya sangat senang sekali karena tiap tahunnya pada waktu Ramadhan, di masjid Darul Falah ini ada kegiatan yang berbeda dan berkesan :)

Pada Ramadhan tahun ini, Masjid Darul Falah menyelenggarakan acara #NgajiBersama. Baik wanita, laki-laki, anak-anak boleh ikutan. Tujuannya sih biar warga lebih dekat dengan Al-Quran. Jangan hanya sibuk ngurusin hal duniawi saja. Iya dong? Coba deh selama 11 bulan di luar bulan Ramadhan, mungkin diantara kita sedikit sekali yang masih sempat meluangkan waktu untuk tadarus Al-Qur’an. Astaghfirullah. Padahal Al-Qur’an lah pedoman hidup kita. Nah kita sering tuh menjadikan kerjaan dan uang sebagai pedoman hidup kita. Jadi begitu pulang kantor, udah capek, udah lelah, bablas deh gak baca Al-Quran. Bener gak? Jujur, saya sedih loh kalau melihat hal ini :(
 
Sedikit cerita yang membuat saya makin dekat dengan Al-Qur'an adalah, alhamdulillah saya baru saja pindah kantor. Kantor yang baru ini membuat saya nyaman karena lingkungan yang sangat islami. Teman-teman nya juga asik. Yang paling membuat saya senang adalah, setiap harinya sebelum mulai bekerja, seluruh staff di kantor saya tersebut melakukan tadarus Al-Qur’an. Jadi setiap orang mendapat kebagian baca dua ayat Al-Qur’an. Subhanallah. Kantor saya menerapkan bahwa Al-Qur’an adalah pegangan hidup bagi kita. Bahwa dengan rajin membaca Al-Qur’an InsyaAllah rezeki akan dilancarkan Allah. Dan kerjaan pun juga bernilai ibadah di mata Allah SWT.

Oke, balik lagi ke Masjid Darul Falah. #NgajiBersama ini dilaksanakan tiap weekend. Waktunya dari jam 14.00 WIB sampai menjelang berbuka puasa. Mudah-mudahan saja program #Ngaji Bersama ini akan terus dilaksanakan walaupun bukan bulan Ramadhan.

Kemudian, ada juga program #QiyamulLail di 10 Malam Terakhir Ramadhan. Jadi sholat tahajjud bareng-bareng sekalian i’tikaf di dalam masjid. Dimana kita semua tahu kan, kalau 10 Malam terakhir Ramadhan itu akan datang Malam Lailatul Qadr. Maka dari itu kita pun juga berlomba-lomba mengerjakan amal shalih agar Allah rmengizinkan kita bertemu dengan malam Lailatul Qadr.

Yang saya suka dari Masjid Darul Falah ini, di waktu Qiyamul Lail 10 Malam Terakhir Ramadhan, Imam-nya membacakan satu juz Al-Qur’an. Subhanallah. Ditambah lagi suaranya yang indah. Makin menambah kesyahduan masjid ini.

Makanya yuk kita nih yang masih muda, cintailah masjid. Jangan pergi ke mall aja yang getol dan rajin. Tapi Masjid pun juga harus kita cintai. Apalagi di bulan suci Ramadhan ini yuk kita hidupkan masjid. InsyaAllah Allah pun akan cinta pada hamba-Nya yang mencintai Masjid 

Sekian tulisan dari saya, kurang lebihnya mohon maaf ya :)

Wassalamualaikum Wr.Wb

***

Penulis: Rachmah Dewi (@R_Dhewie75)

***

Prima Note: Sukses di tempat kerja yang baru ya dear, semoga berkah rezekinya ;)

2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...