Thursday, July 24, 2014

#1Hari1Masjid: The Great Mosque, Hawler (Oleh Istiadzah Rohyati)

 
 
 
 
 
 
 
 
Jadi, Hawler itu sebutan lain untuk Arbil atau Erbil. Apa pula itu? Itu nama kota. Ibukota. Saya biasa menyebutnya dengan Erbil, namun masyarakat setempat lebih sering menggunakan “Hawler” untuk menyebut kota yang satu ini.

Erbil merupakan ibukota Kurdistan regional. Nah, kalau Kurdistan, pasti ada yang udah pernah dengar, kan? Ya iyalah, orang blog saya ini isinya tentang Kurdistan, kok :D

Gambar di atas adalah penampakan masjid di Erbil. The Great Mosque Hawler. Masjid agung lah ya kalau kata kita mah. Saya ke sana sekitar dua tahun yang lalu. Duh, lama juga ya. Padahal dalam kurun waktu tersebut saya udah bolak-balik ke Erbil, tapi jarang mampir ke masjid itu lagi.


Masjidnya besar, dengan bentuk bangunan yang nggak biasa. Kalau kita lihat dari sisi depan akan seperti gambar yang paling atas, tapi kalau lihat dari sisi kiri akan beda lagi. Begitu juga kalau kita lihat dari sisi kanan atau belakang, bisa-bisa kita nggak mengenali ini masjid apa kalau baru sekali ke sana.

Sayang, waktu saya ke sana, waktu sholat udah selesai. Jadinya saya dan rombongan nggak dibolehin masuk ke dalam masjid utamanya. Kami diarahin ke ruangan sholat yang ada di sisi kiri masjid utama. Sholatlah kami di sana, tanpa tau dalamnya masjid utama seperti apa.

Padahal ternyata dalamnya itu subhanallah cantiiiiik banget. Saya baru tau sekarang karena ikutan #1Hari1Masjid ini. Saya jadi penasaran sama masjid ini. Dan rasanya nyesaaaaal banget dulu nggak ngerti apa-apa tentang masjid ini.

Baiklah kalau begitu, mumpung masih tinggal di Suly, hayuk deh Papa kita ke Erbil lagi. Niatin sholat jamaah di sana, biar ada kesempatan untuk foto-foto dalamnya. Ya ampuuuun, niatnya aja udah nggak bener gini. Hahaha.

Oh ya, kalau mau masuk masjid ini, pakaian harus menutup aurat. Waktu itu ada teman saya yang nggak berjilbab, pas masuk masjid sama petugasnya disuruh pakai jilbab dulu. Untung dia bawa mukena, langsung dipake deh mukenanya. Baru dikasih ijin masuk ke dalam :)

***

Penulis: Istiadzah Rohyati (@istiadzah)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...