Thursday, October 24, 2013

A Big Big World


Halo halo,

Pasti pada tahu kan kalau hari ini adalah Hari Peringatan Berdirinya PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa)?

PBB selalu punya arti besar dalam hidup saya. Karena waktu mama hamil saya, beliau membisikkan impian bahwa anaknya – iya yang bandel ini – akan menjadi Sekjen PBB di masa depan. Entah kenapa, tapi mama saya selalu percaya saya punya takdir kelas internasional. Makanya gede-gede harapannya bisa mewujudkan perdamaian dunia melalui...menikah sama pria bule *ditoyor mama

Saya kecil ga begitu ngerti apa itu PBB. Sampai waktu mau kuliah diarahkan kuliah di Hubungan Internasional ga begitu tertarik. Tapi masuk Ilmu Komunikasi juga mungkin memang sudah suratan takdir. Karena toh akhirnya skripsinya kelas 'internasional' juga, hihihi. 

Sekitar beberapa bulan yang lalu, saya mendengar ada seorang bernama Luigi Pralangga melakukan interview di Radio Hard Rock FM. Beliau ini adalah salah satu peacekeeper yang dikirim PBB ke beberapa negara pasca perang di Afrika. Pengalamannya dituangkan dalam sebuah buku berjudul “Ondel-ondel Nekat Keliling Dunia”. Saya mencari bukunya kemana-mana, tapi sayang karena buku beliau sudah lama, tidak diterbitkan lagi.. Lalu saya dengan muka lempeng ke radio dan mengatakan bahwa saya ingin memiliki bukunya – dan dikasih secara cuma-cuma. Huehehehehehe.


Setelah ketemu Kang Luigi Pralangga ini, bayangan akan tugas PBB yang berhubungan dengan perdamaian dunia makin kukuh. Menurut saya, orang PBB itu ya “datang ke negara-negara rawan konflik lalu membantu negara tersebut melakukan rekonsiliasi” begitu terus siklusnya. Meski in fact saya juga kepingin jadi peacekeeper ke Afghanistan – kadang saya pikir PBB itu kurang kerjaan dan kepo banget sikkk :)))

However, untuk menciptakan perdamaian itu memang tidak harus selalu menjadi peacekeeper. Bagi saya, salah satu cara mewujudkan perdamaian dunia adalah dengan menulis. Like I always said, di dunia yang penuh dengan berita buruk dan kriminalitas; we can create peaceful life through sharing positive news. Spread the optimism; travel, then meet and learn from new people; and at the end of the day, we can create a mutual understanding.

Love, peace, and kisses!
Prima


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...