Sunday, October 27, 2013

Keep Calm and Be a Blogger



 

Motivasi menulis saya sesimpel kutipan di atas.
Seorang teman saya pernah mengingatkan bahwa hidup adalah tentang apa yang kita tinggalkan untuk generasi sepeninggalan kita. Maka menulislah, agar ada rekam jejak dari pengalaman yang memperkaya hidup kita; dan jika hal itu bisa bermanfaat bagi orang banyak, itu lebih baik lagi :)

Lalu kenapa blog?
Alasannya simpel juga: karena mudah dan murah.

Sementara untuk menulis buku butuh proses yang lebih panjang; menulis di media massa juga masih tergantung approval dari media terkait; blog menawarkan sebuah alternatif media yang memiliki banyak kelebihan dibanding media lainnya. Kita bisa memilih siapa pembaca kita, apa tema yang ingin kita angkat, dan tentu saja kita hanya membutuhkan komputer dan akses internet. Bahkan, kita juga bisa menggunakan platform yang memungkinkan kita untuk posting langsung dari handphone! Wow, kece banget kan..

Seperti teman-teman blogger lainnya, saya juga sudah beberapa kali memenangkan giveaway – disamping juga mengadakan giveaway saya sendiri.

Tapi, saya percaya manfaat dari nge-blog lebih dari ‘sekedar’ menang giveaway.

Blogging sekarang sudah menjadi gaya hidup generasi muda Indonesia. And you know what? Karena sering blogwalking, saya jadi makin cinta Indonesia lho. Saya ngerasa bangga menjadi bagian dari sebuah kekuatan yang memiliki pandangan positif dan optimis terhadap masa depan Indonesia.

Nge-blog juga membuat saya lebih perhatian sama sekitar saya. Awalnya sih untuk cari ide post di blog, hihi. Ada begitu banyak ide tulisan di sekitar kita, dan saya yakin, blog bisa menjadi media kita menyuarakan sesuatu yang penting dari lingkungan kita. Mungkin ada tetangga kita yang putus sekolah karena kurang biaya, atau saudara kita yang baru memenangkan kompetisi robot nasional. Jangan remehkan kekuatan blog! Kita tidak pernah tahu siapa yang ‘tiba-tiba’ membaca blog kita, dan mungkin mengambil sebuah tindakan yang lebih besar.

Terakhir, sebeagai seseorang yang (ngakunya) bercita-cita menjadi penulis, blog adalah media belajar. Saya berharap bisa membuat tulisan yang mudah dimengerti dan bisa menginspirasi; jadi kenapa ga langsung dipraktikkan aja? Biar pembaca yang menilai, and I'll accept their comments as precious feedback ;)

Love,
Prima

*tulisan ini diikutkan kompetisi menulis untuk memperingati Hari Blogger Nasional, 
yang diselenggarakan oleh @NBC_IPB. Info lengkap lihat disini*

1 comment:

  1. Itu salah satu quotes yang paling aku suka, Kak selama ini. Dan yaa, salah satu alasan aku bikin blog dulu bukannya pengen ikut-ikutan, tapi karena aku suka nulis dan aku nulis apa yang pengin aku tulis. Kadang ada orang yang baca aja aku udah seneng, kalau mereka suka dan nagih, itu namanya bonus :))

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...