Tuesday, June 17, 2014

Travel Essentials: Skin Care

Setelah tips menjaga kesehatan selama traveling, saya juga mau share tentang skin care, khususnya perawatan wajah. Ini penting banget bukan hanya karena kita cewek, tapi namanya lagi di perjalanan, maunya kalau difoto tetep keliatan oke kan. Suatu waktu, pas saya lagi di Da Lat, saya keliatan kuceeel banget. Kata teman saya sih, “that's good! You look like a real traveler!” Huahahaha ngece diaaa.

Begini lho penampakan kucel saya..

#NoFilter #NoEdit -- lihatlah itu jerawat mulai bermunculan :|

Mengenaskan, bukan? Ini aja kebetulan masih pagi jadi masih keliatan agak seger lho :(

Itu aja udah dirawat lho, saya ga bisa ngebayangin kalau saya males ngerawat, bisa lebih parah lagi. Soalnya nih, banyak faktor yang bikin wajah kita jadi 'rusak'. Misalnya seperti saya, biasanya ya sehari-hari paling banter terpapar sinar matahari pagi, sama polusi di pagi dan sore hari. Tapi ketika di perjalanan, bisa-bisa kita beraktivitas outdoor seharian. Belum lagi kalau kecapekan dan males cuci muka waktu sampai di tempat nginep. Dan tentu saja, faktor perbedaan cuaca dan mungkin perbedaan tingkat kebersihan air juga 'mendukung' wajah kita semakin kucel. 

So, tanpa perlu panjang lebar lagi, ini dia 'obat cantik' saya selama perjalanan ;)


1. Cuci muka dua kali sehari
Standar lah ya ini, dan untuk muslim-muslimah ditambah lima kali lagi, yaitu wudhu hehe :D
Kadang kalau lagi ngerasa keringetan+kotor banget, saya juga cuci muka waktu mau sholat dzuhur (pakai facial foam). Untuk facial wash saya pakai Olay Natural White Foaming Cleanser. Teksturnya ringan, dan ga ninggalin kesan kering setelah dibilas. 



Selain itu saya juga punya Olay White Radiance Cream Cleanser, kalau satu ini mesti pakai kapas jadi saya pakai saat sore hari pulang bepergian. Saya pertama kali beli karena godaan mbak-mbak SPG, lumayan puas sama hasilnya tapi ngerasa sedikit aneh karena ga pakai penyegar. Jadi biasanya tetap dibasuh pakai air sih. 



2. Krim pagi
Saya pernah pakai Olay Natural White – All in One Fairness Day Cream, bagus sih cuma kok kayaknya jadi putih banget gitu. Jadi saya kembali ke pelembab lama saya, The Body Shop Vitamin E Moisture Cream. Karena saya kehabisan waktu sampai di Malaysia, saya beli di The Body Shop Ho Chi Minh, harganya sekitar 10% lebih murah daripada di Indonesia lho. Saya ga rekomendasiin ini buat yang kulitnya berminyak, soalnya memang teksturnya 'seperti' berminyak sekali. Tapi cocok buat saya, dan saya suka BANGET, kulit lembab seharian. Kalau ga mau kaget karena wajah seperti banjir krim (haha), didiemin dulu ya 10-15 menit sebelum pakai sunblock.  


3. Sunscreen
Satu-satunya alasan saya pakai Wardah Sunscreen Gel adalah karena dapet gratisan. Huehehe. Ini adalah hadiah waktu saya menang lomba menulis bulan November tahun lalu, tapi belum pernah saya buka sebelumnya. Kebetulan sehari-hari saya biasa pakai sunblock-nya mama yang harganya empat ratus ribu. Jadi ga bisa dibandingin hasilnya ya sist.. :)) Overall sih cukup menolong, dan dia cepat menyerap. Ga lengket sama sekali. Kemasannya juga praktis dan higienis. 



4. Krim malam
Untuk mencerahkan kulit selama tidur malam, saya pakai Olay White Radiance Night Cream. Kelebihan dari krim ini ga terlalu bikin putih, ga berminyak juga. Suka deh pas bangun pagi kulit wajah lumayan glowing, hihi.

5. Masker
Ini penolong saya selama di Vietnam, aduh gila itu mataharinyaaa, ada dua kali ya *lebay. Ga kebayang kalau ga pakai ini, bisa-bisa oleh-olehin teman kantor flek hitam saking banyaknya, LOL. Dua hari sekali saya pakai Masker Bengkoang Mustika Ratu ini selama 15-20 menit sebelum tidur. Jangan lupa dikocok dulu ya sebelum pakai, kalau engga nanti yang keluar terlalu encer. 


Kalau kita rajin melakukan hal-hal diatas, insyaAllah bisa mengurangi kerusakan kulit wajah. Tadinya saya pingin facial secara perjalanan saya lebih dari dua minggu, tapi takut juga kalau ga cocok. Itu juga yang membuat saya ga mau nyoba produk skin care lokal. Waktu di Kamboja kan ada tuh yang jual produk skin care alami. Tergoda buat beli sih, tapi kalau jerawatan, ngurus komplainnya susah ya bok.

Semoga membantu ya, buat manteman yang pingin traveling tapi tetep kece sepanjang perjalanan :)

Love,
Prima

6 comments:

  1. walaupun lagi traveling perawatan muka itu wajib
    :)

    ReplyDelete
  2. Nahhh aku nih jaman dulu suka males bawa2 perawatan kulit... Akhirnya ya tiap abis traveling, muka item, jerawatan parah... Wkwkwkk...
    Akhir2 ini baru sadar.. Trus kalo cari skincare yang di bawah 100ml gitu biar bisa dibawa2 naek pesawat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, aku ya lebih item kok.
      sampai pas dijemput mamaku, beliau kaget. huahaha.
      kalau aku punya satu pouch yg dibawa dalam tas yg masuk kabin, masing-masing skin care aku simpen di botol plastik kecil2 yg lucu2, biasanya beli di stroberi. #lhah #bukanPromosi :))

      Delete
  3. Aku aja yang belum travelling kemana-mana belum telaten ngerawat wajah. huhuhu T^T

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaa hayuk mulai belajar ngerawat wajah.
      sayang lho muka satu-satunya masa ga dirawat #eh :))

      Delete
  4. semoga sukses dan memberikan yang terbaik gan
    poin4d

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...