Thursday, June 18, 2015

Don't Lie

"Barangsiapa tidak dapat meninggalkan ucapan dan perbuatan dusta (waktu berpuasa) maka Allah tidak membutuhkan lapar dan hausnya." (HR. Al Bukhari)

Kalau sister mencanangkan target bahwa tahun ini puasa atau taraweh harus full (kecuali masa tanggal merah); hmmm boleh aja sih, tapi kayaknya kalau udah setua seumur kita gini, ya malu-maluin lah kalau puasa atau taraweh masih bolong, hehehe. Coba targetnya ditambahkan dengan: mengurangi perkataan yang tidak bermanfaat. 
 
Soalnya nih, hadits diatas sempat bikin saya sedih banget, sister. Gimana kalau selama ini puasa kita ga diterima 'hanya' karena kita tetap sering berbohong meski sedang berpuasa... Betapa meruginya kita :(

Saya pernah menuliskan di salah satu blog post (saya lupa yang mana), bahwa semakin bertambah usia kita, harusnya hakikat puasa bukan hanya lapar dan hausnya; melainkan apakah berpuasa itu dapat menjauhkan kita dari perbuatan dan perkataan yang tidak bermanfaat.

Kalau puasa iya, tapi barengan juga dengan nggosip, bohong ke mama, atau ngata-ngatain mbok asisten rumah tangga; ya sama aja seperti STMJ (sholat terus maksiat jalan). Meski, baiknya pun tidak meninggalkan sholat atau puasa karena berpikir bahwa amal ibadahnya tidak akan diterima, tetapi yang kurang-kurang diperbaiki sambil jalan.

InsyaAllah bisa, selamat menunaikan ibadah puasa :)

Salam,
Prima


Daftar Pustaka
Almath, Dr. Muhammad Faiz. 2000. 1100 Hadits Terpilih: Sinar Ajaran Muhammad. Jakarta: Gema Insani Press.

1 comment:

  1. InsyaAllah, masih tahap belajar juga untuk mengurangi ucapan-ucapan yang nggak manfaat :)

    Marhaban Yaa Ramadhan ya Kak Prima, mohon maaf lahir batin kalau selama kenal aku ngeselin. Semoga #1Hari1Hadits-nya lancar, selancar puasanya. Amin...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...