Thursday, February 18, 2016

Membuat Paspor di Kantor Imigrasi Malang

Alhamdulillah, paspor baru saya sudah di tangan ayah. Lho kok? Iya, soalnya waktu itu saya ga sempat ambil, jadi saya percayakan paspor saya diambilkan oleh ayah. Cuma ada sedikit masalah nih. Berhubung saya kadang melakukan perjalanan spontan, sekarang agak-agak repot karena beliau pasti tanya-tanya saya mau kemana, sama siapa, berbuat apa. Yolandaaa #eaaa

Sembari saya merencanakan bagaimana meminta paspor saya ke ayah saya (karena saya sedang menulis tesis dan tidak berpenghasilan tetap, beliau bakal tanya juga, “hah kamu mau ke luar negeri dapet duit dari mana?” Haha); saya ingin menceritakan proses pembuatan paspor yang saya jalani kemarin.

FYI, ini adalah paspor ketiga saya. ENGGA, SAYA GA SETAJIR ITU KOK. FYI kedua, paspor pertama saya cuma saya pakai satu kali saja, tapi itupun langsung tiga negara *ditiban pesawat karena congkak* Soalnya nih, paspor Indonesia cuma berlaku 5 (lima) tahun saja. Jadi, dengan frekuensi pergi keluar negeri yang cuma sekali setahun, pastinya bukunya ga akan penuh. Kecuali kalau saya travel blogger macem mas Ariev Rahman, atau fashion blogger macem Anastasia Siantar, atau desainer sekaliber Dian Pelangi; ya lain ceritanya. 
Tampak depan Kantor Imigrasi Malang. Pic from here.

Balik ke paspor saya. Kali ini saya memutuskan untuk bikin di Kantor Imigrasi Malang seperti paspor kedua dahulu. Selain karena saya ga punya banyak waktu saat liburan di Surabaya, ternyata saya punya teman dan saudara yang bekerja di Kantor Imigrasi Malang. Sekalian silaturrahim gitu maksudnya, hehehe. Setelah saya perhatikan, kedua kantor imigrasi di Surabaya memang kurang strategis lokasinya. Jauuuh banget dari rumah saya. Sedangkan kantor imigrasi di Malang masih bisa dijangkau dengan angkutan umum (letaknya dekat dengan terminal Arjosari) dan bahkan bisa jalan kaki dari rumah sakit tempat saya menunggui bude saya.

Saya juga mencoba membuat paspor secara online. Yang ada di bayangan saya sih, semuanya akan lebih cepat. Kalau dulu, saya harus ke kantor imigrasi tiga kali, dan kesemuanya harus pagi-pagi buta; saya pikir kali ini ga akan begitu. Ternyata, saya malah ngalamin bolak-balik karena saya ga punya printer di rumah. Tahapannya begini:

1. Melakukan proses pendaftaran disini 
2. Nge-print 'Bukti Pengantar ke Bank'
3. Melakukan pembayaran di BNI
4. Melakukan proses konfirmasi kedatangan lewat website, sebagaimana dipandu lewat email (dan ini beberapa kali gagal, kayaknya server-nya lagi down)
5. Nge-print 'Tanda Terima Permohonan', beserta 'Formulir Surat Perjalanan Republik Indonesia'-nya
6. Mendatangi kantor imigrasi untuk foto
7. Mengambil paspor, antara 3-4 hari sesudah foto

Iya sih, untuk pendaftar online ada antrian tersendiri, tapi rasanya sih ga terlalu jauh berbeda. Tapi yang pasti, sister harus bolak-balik nge-print. Berdasarkan pengalaman saya, BNI dan kantor imigrasi ga akan memproses aplikasi kita kalau hanya menunjukkan surat itu di handphone, harus ada bukti cetak

Disamping itu, yang berbeda kali ini, saya ga pakai akte kelahiran, tapi pakai ijazah S1. Tadinya saya sempat deg-degan karena waktu googling ada yang bilang ijazah S1 ga bisa dipakai karena tidak ada nama orang tua, tapi mungkin karena saya sudah pernah punya paspor jadi diloloskan. Kenapa saya ga pakai akte kelahiran? Soalnya akte saya ada di Surabaya sih, hihi. Buat sister yang mau aman, mending pakai akte kelahiran; dan buat yang sudah menikah, ada baiknya buku nikah juga dibawa – meski ga wajib kalau Kartu Keluarga dan KTP sister sudah di-update.

Biaya yang saya bayarkan adalah Rp. 360.000, sedangkan saya kurang tahu untuk paspor yang biasa. Oya, make sure kita bikin yang 48 halaman ya, soalnya yang 24 halaman hanya untuk tenaga kerja Indonesia. Waktu itu saya sempat dongkol ketika salah satu petugas kantor imigrasi bilang, “ya bikin yang 48 halaman mbak, jangan yang 24 (halaman), itu kan buat TKW. Mbak TKW?” Saya jawab aja, “wah kalaupun saya bukan TKW, saya kan wanita Pak. Lagi juga kenapa kalau TKW?” Sebenernya pingin saya lanjutin, 'halah Paaak, Bapak juga banyak duit karena kita punya banyak TKW yang bikin paspor', untung saya lagi kalem hari itu. Lol.

Satu yang bikin saya sedikit kaget, ternyata hampir semua orang yang datang dan mau memproses pembuatan paspor, harus memeriksakan berkas-berkasnya di ruang informasi. Saya bilang hampir karena saya ga tahu apa semua orang melewati proses itu, cuma sepertinya sih harus karena dengan demikian kita bisa dapat map untuk berkas-berkas kita [maap maap informasinya kurang jelas]. Sebagaimana yang dijelaskan oleh teman saya, proses pengecekan berkas adalah untuk menghindari adanya orang-orang yang sudah mengantri lama untuk pengajuan paspor, ternyata tidak membawa berkas-berkas yang dibutuhkan. Dan memang ada buuuanyak orang yang ga membawa berkas karena ga paham; meski ada juga yang setelah dijelaskan tetap ngeyel pingin bikin paspor hari itu juga. Saya ga tahu saya berharap ada petugas yang lebih sabar atau lebih tegas untuk menghadapi orang-orang seperti mereka, hmmm. Saya juga sempat agak bingung karena saya harus mengisi ulang formulir pengajuan paspor, padahal saya membawa print-an formulir pengajuan online. Kata teman saya, saya ga seharusnya mengisi formulir lagi kok, mungkin petugasnya lelah, hvft.

Tapi yang jelas, saya senang mengurus paspor di Kantor Imigrasi Malang. Petugasnya helpful (lebih tepatnya teman saya..... lol) dan tempatnya nyaman (sayang lahan parkirnya terbatas – tapi ini juga terjadi di Surabaya sih). Kemarin waktu saya kesana, toiletnya sedang direnovasi. Tapi saya yakin sebentar lagi akan jadi lebih bagus. So, kalau saya nanti bikin paspor lagi lima tahun dari sekarang, I'll definitely be back to this office (sambil berharap saat itu sudah ada one day service :)).

For the love of traveling,
Prima

14 comments:

  1. Wah._.
    Jadi pengin buat paspor. Jadi pengin ke luar negeri.
    *tapi nunggu ada dana dulu*

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikin paspor dulu, berangkat ke luar negeri belakangan #yaiyalah :))

      Delete
  2. Akta kelahiran itu harus asli kah ka prim ?
    aku juga pengen bikin euy. tp di jakarta aja kayanya mah

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua dokumen yang difotokopi untuk persyaratan, aslinya juga harus dibawa untuk ditunjukkan ke petugas jika ditanyakan.

      Delete
  3. Tahun ini bikin aaaah, di Bandung gak akan jauh kali ya xD

    ReplyDelete
  4. aku november 2015 kemarin juga bikin paspor di kanim malang mbak. manual tapi, dateng nulis nama pagi-pagi buta, hehe. bayarnya juga 360k seingetku. hasil pengamatan di lapangan: manual proses periksa berkas di ruang informasi lebih lama, tapi waktu foto dan wawancara lebih cepet. pernah aku tulis di blogku juga, info aja sih ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohhh, sama aja harganya. iya tahun 2010 saya dateng ambil nomer antrian jam setengah enam, hihi. sip cusss baca, thanks mbak! :)

      Delete
  5. Saya baru hari ini buat, pake online manual sama saja, besok saya foto, sedang kan paspor diserahkan ke kedutaan hari jum'at, aduhhh pusing jadinya...

    ReplyDelete
  6. Mbak Prima, dari pendaftaran sampe paspornya jdi brpa lama ya di malang?

    ReplyDelete
  7. Mbak setelah daftra online dkk trus kan ke kantor untuk foto, mbak waktu itu ke sana jam berapa mbak? Soalnya kan denger-denger harus pagi banget untuk antri...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...