Thursday, July 21, 2016

Drama Awkarin dan Generasi Muda Masa Kini

Akhirnya gue nulis tentang ini juga karena gue prihatin sama generasi muda masa kini. Tadinya gue ga sengaja ngeliat nama awkarin di timeline Twitter gue. Secara malam ini gue ada Twittalk sama @SurabayaYouth ngomongin blogging, gue jadi kudu nge-tweet satu-dua tweet dan merhatiin Twitter biar ga gagap sama apa yang lagi jadi trending topic. And then, banyak yang menyebut nama awkarin dan semacam histeris gitu. Gue jadi agak ragu sama following gue dan merencanakan unfollow orang-orang yang ‘ga jelas’, abis sekarang timeline Twitter gue jadi kayak infotainment. Tapi itu ntar aja, sesudah gue unfriend orang-orang alay di Facebook. Duh kerjaan ‘bersih-bersih’ medsos gue banyak banget yak. 

Nah gue juga pada dasarnya kan pembantu dekan Akademi Kepoisme Indonesia (rektornya Cibilicious dan dekannya Titasya – siapakah mereka, pokoknya kalau lo mau tau hosip terbaru paling uptodate, tanya aja ke mereka #lah), jadi akhirnya gue menelusuri siapa si awkarin ini. Pikir gue seenggaknya bisa jadi bahan tulisan, kalau ga di media tempat gue kerja, ya disini. Ini jadinya ngajakin kepo berjamaah ya, apa kabar pahala puasa Syawal gue. Hiks. Tapi gue mau lo-lo pada ngambil pelajaran aja. 

Awkarin ini secara garis besar kreatif. Representasi anak gaul Instagram yang mikir abis gimana caranya bikin Instagram-nya keren, and I have to admit she does it well. Ternyata dese anak YouTube dan ask.fm juga tapi pas gue ikutin di ask.fm-nya gue pusing karena gue ga ngerti apa yang dia omongin. Gatau apa ini faktor usia atau gue keponya kurang lama (baru dua hari, ada temen yang udah kepoin dia dari tahun 2014, masyaAllah itu kepo atau S2 #yaelah). 

Intinya adalah si awkarin ini #goals anak muda jaman sekarang. Dan gue ga tau kerennya dia dimanaaa – atau jangan jangan gue sirik nih? Okelah keeksisan dia di Instagram dan YouTube bikin dia udah punya penghasilan berjuta-juta, katanya sih udah punya rumah dan mobil mewah pula. Ah gue cuma butiran upil dibandingkan dia. Tapi terus pas gue tanya ke adik-adik gue yang relatif seumuran sama Karin, mereka cerita banyak hal tentang Karin dan rasanya gue pingin getok-getok meja saking keselnya. 


Masa si Karin ini ninggalin sekolahnya atau kuliahnya gitu buat nemenin pacarnya. Allahu akbar! Seumuran dia, gue mutusin pacar gue waktu itu karena gue dilarang jalan sama temen-temen gue lagi. Gue ga mau karena dia cuma pacar belum jadi suami, apa coba hak dia ngelarang gue bahagia sama temen-temen gue secara mereka ga bawa pengaruh negatif? Nah ini cewek ninggalin sekolah, DEMI cinta. Lalu diputusin aja sama pacarnya, entah kenapa (ada YouTube-nya tapi gue males nonton karena ga penting ngabisin kuota buat begituan. Beda ceritanya kalau ntar gue nebeng di kosan Tita yang ada WiFi-nya mungkin gue mempertimbangkan untuk nonton #eaaa). 

Duh Dek, gue berjuang supaya cewek-cewek pintar dan berpendidikan tinggi bangga sama dirinya dan ga merendahkan diri hanya untuk dapat pacar. Lo malah ngebanggain diri beli kunci jawaban UN karena ga sempat belajar – dan itu karena nemenin pacar. Dan lo masih dibawah tujuh belas tahun WTF! Ups maaf.

Mungkin gue ga akan bermasalah segininya kalau aja gue ga tau reaksi followers-nya. Gue baru baca sebuah artikel tentang digital skills dan salah satu kemampuan yang harus lo miliki kalau mau eksis di dunia digital adalah kemampuan mem-filter apa yang lo post. Pun meskipun gue ngebagi cerita pribadi gue di blog ini, gue tahu yang mana apa yang harus disimpan sendiri. Karena gue tahu siapapun yang ngebaca blog ini bakal punya reaksi yang macam-macam. Bagus kalau yang baca cukup dewasa dan bisa bereaksi positif, tapi kalau yang terjadi sebaliknya? Gue bukannya nambah amal tapi nambah dosa.

Nah, para followers Karin ini mikir apa yang dilakukan Karin ke pacarnya adalah something sweet, bahkan ada yang bilang kalau that’s #relationshipgoals. Please. Gue langsung make sure ke adik-adik gue dan untungnya mereka bilang apa yang dilakukan Karin norak. Tapi dia punya 500 RIBU lebih followers dan kalau cuma satu persen aja ngeyakinin apa yang Karin lakukan itu benar, tamatlah riwayat generasi muda Indonesia. 

Gue bukannya ngerasa perfect atau ga punya idola, gue juga tumbuh bersama Westlife dan Britney Spears, for example. Tapi gue juga tahu apa yang Brian McFadden dan pacarnya waktu itu lakukan tidak boleh ditiru. Perkara Britney Spears tinggal bareng Justin Timberlake waktu itu juga bukan sesuatu yang pantas untuk dilakukan. Secara gue juga belum punya rumah sendiri ye kan.

Gue pernah diskusi sama beberapa teman, gimana caranya ngedeketin anak-anak usia labil ini dan memberikan mereka alternatif ‘hiburan’ yang lebih ideal. Mereka memang bukan penggemar sinetron tapi menghabiskan banyak waktu dengan gadget. Sekitar beberapa tahun yang lalu gue pernah aktif di sebuah komunitas blogger remaja dan sayangnya project yang gue bikin tidak terlalu sukses. Mungkin gue kurang pinter bikin eksekusinya, yang ada di pikiran hanya gimana caranya mengalihkan energi mereka yang meluap-luap itu ke sesuatu yang lebih positif. 

Tapi gue juga jadi introspeksi diri, apakah gue berlaku demikian ke so-called idola gue. Gue suka lihat Anastasia Siantar dan Diana Rikasari and adore their consistency in blogging. Tapi gue tahu fashion style mereka engga banget buat gue. Gue kagum bagaimana Dian Pelangi tetap berkreasi dengan caranya sendiri tapi ga semua perilaku dia masuk akal buat gue. Banyak orang lain yang satu-persatu jadi inspirasi gue dalam berkarya but I never take someone seriously. The only person you may admire is Rasulullah, klise dan agak susah diikuti buat manusia biasa macam kita tapi buat gue itu prinsip. 

Masalah Karin ini juga jadi semacam PR buat gue karena gue masih punya adik yang baru masuk SMA, dan gue ga mau dia salah pergaulan. Rasanya gue perlu bikin post tersendiri tentang cewek-cewek yang lebih bisa jadi panutan daripada Karin. Satu contoh jelas Malala. Tapi selain Malala, gue kudu riset dulu deh kayaknya. Atau ada yang mau bantu?

Udah ah uneg-uneg gue pagi ini. Bagaimanapun juga gue masih punya harapan kalau suatu hari – dalam waktu dekat, kalau bisa – Karin tiba-tiba sadar dan mewarnai medsos dia dengan hal-hal yang lebih bijaksana. Ah, tapi ntar disangka pencitraan lagi. Whatever lah. Cuma satu yang mau gue omongin sebelum gue tutup post ini: kenapa juga gue harus pakai kata gue-lo? Ngerasa aneh ga sih? Atau ternyata cocok juga? #halah #abaikan 

Salam generasi muda masa kini,
Prima

P.S.: Awkarin, I don’t hate you. Really. I just think that you can do MUCH BETTER than this.

14 comments:

  1. hype banget ya si Karin ini, aku nonton lohhh hahaha.. dan YAKIN banget pasti 5 tahun yang akan datang dia akan muntah-muntah liat kelakuan dia saat ini yang kayak gini. Naudzubillahimindzalik.. semoga keluarga, anak dan keturunan kita dijauhkan dari hal hal semacam itu. aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiin ya Allah~
      kalau masih normal sih, sepertinya engga perlu nunggu 5 tahun udah malu sendiri dia. tapi masalahnya sekarang dia diundang jadi pembicara tentang cyberbullying, jadi enggga tau juga deh kedepannya gimana -_-

      Delete
  2. Goalnya engga banget, sudah liat youtube n stalking Ignya dan kebanyakan fansnya anak-anak abg, doh aku jadi ibu-ibu malah was-was banget liat kelakuan remaja kalau kayak gini, mau jadi apa generasi jaman sekarang *tepokjidat

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya anak-anak perlu dibatasi penggunaan gadget-nya, seenggaknya diawasi dan diajari agar menggunakannya untuk hal-hal yang positif :)

      Delete
  3. *brb cek video*
    *video apaan*
    *tapi gue males nonton karena ga penting ngabisin kuota buat begituan*

    Ckckck, Karin ini seumuran aku gak sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan ternyata, dia udah lulus SMA *mengacu pada komen paling bawah*

      Delete
  4. Kak Priim! seperti biasa, tulisan ini bagus sekaliihh!

    Salaam! :)

    ReplyDelete
  5. Selalu suka tulisan mbak Prim yang macam begini. :))
    Ah iya, selain Malala, ada lagi @gitasav Gita Savitri Devi itu juga menarik.

    ReplyDelete
  6. aku kemarin nonton cuma ngikik mbak... abegeehhh labil banget lahhh, di mana kerennya sih.
    *elus-elus perut, naudzubillah...*

    ReplyDelete
  7. Kak Prim, BTW karin udah 18 tahun, si pacarnya yg baru 16 tahun. hahaha *aku pengamat banget nih sefollower2nya kukepo* bhahaha

    ReplyDelete
  8. Selamat Siang

    Saya juga ikutan kepoin awkarin karena hits banget dikalangan adik-adikku yang masih SMP-SMA.
    Saya Soraya dari http://serumah.com.
    Saat ini trend berbagi ruangan/roomsharing sangat gencar. Kami berinisiatif untuk membuat situs pencari teman sekamar agar orang-orang yang ingin menyewa rumah dapat berbagi tempat tinggal dan mengurangi biaya pengeluaran untuk tempat tinggal. Berawal dari ide tersebut, website serumah.com diluncurkan sejak awal tahun 2016.

    Saat ini saya membutuhkan bantuan anda untuk memberikan review mengenai serumah.com di situs blog anda. Kami sangat menghargai jika Anda bersedia untuk memberikan review terhadap website kami dan menerbitkan di blog anda.

    Mohon hubungi saya jika ada pertanyaan lebih lanjut. Saya ucapkan terima kasih atas waktu dan kesempatannya.

    Soraya F.
    Cataga Ltd.
    soraya.serumah@gmail.com
    http://serumah.com/

    ReplyDelete
  9. artikel yang yang memberikan hal positif
    poin4d

    ReplyDelete
  10. Dan sekarang followers Awkarin udah sejuta X|

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...