Saturday, February 15, 2014

The Chronicles of Being a Single -- and not Just for Woman!

FOKUS! - meski ga punya ex juga tetep harus FOKUS! :p
Okay, bear with me, ini adalah rangkaian dari post pertama, kedua, dan sekarang ini yang ketiga :))


Sebenarnya, post ini adalah saduran dari sebuah artikel di web agama Kristen berbahasa Inggris yang saya lupa link-nya (._.)
Intinya, post tersebut bermaksud memberikan penghiburan pada gembala Tuhan yang masih galau masalah jodoh. Konon, single people (like meee) paling gampang digoda setan #atuhlah


Terus kok bisa sih saya terdampar di web tersebut? Sebagai satu-satunya muslimah di kantor, ya kadang saya berada di forum rumpi kolega kantor. Tapi serius deh, kalau saya bilang, artikel tersebut worth to read kok. Makanya, saya mencoba untuk membuatkan versi bahasa Indonesia-nya, mudah-mudahan bermanfaat ya :)

Sebagaimana sudah saya jelaskan kemarin, what we have now, is a present.
Dengan kata lain, waktu yang kita miliki sekarang adalah sebuah kesempatan yang harus kita manfaatkan dengan baik.

Soalnya nih, kita ga pernah tahu apa yang akan terjadi di depan kita, atau seberapa lama kita memiliki kesempatan ini. So, make sure that we optimize this chance to get closer with our Creator.

Mindset “ah masih muda ini, ntar-ntar aja tobatnya”, is so last year. Udah pernah tahu kan cerita orang umur 25 kena stroke? *lho kok jadi nakut-nakutin
Whatever it is, balik ke artikel tersebut, ada beberapa kegiatan yang bisa kita lakukan untuk mengoptimalkan waktu kita sebagai seorang lajang.

1. Bekerja, bekerja, bekerja
Biasa nih, kalau cowok jadi alasan.
'Kok belum nikah sih?' 'Masih nabung buat beli rumah'
Jawaban ini bakal diketawain sama teman kantor saya. Yes, he is married and he still doesn't have a house (yet) – but his family is happy.
Tapi, buat cewek, apalagi yang menghadapi kemungkinan ga dibolehin kerja sama suami, yuk manfaatin waktu sebaik-baiknya. Siapa tahu dengan bekerja keras, kita bakal punya kesempatan untuk menjadi pekerja lepas saat sudah menikah ;)

2. Berbisnis 

Berdasarkan pengamatan saya, ada kejadian beberapa teman laki-laki saya yang membangun bisnis saat masih lajang. Alasannya? Kalau nanti rugi, belum ada kewajiban membiayai istri atau anak :D
Hal ini bisa jadi salah, bisa jadi benar, tergantung sudut pandangnya. Tapi, kalau memang ada waktu luang diluar pekerjaan utama, dan mampu ngerjainnya, rasanya kegiatan satu ini oke juga untuk dipertimbangkan :)

3. Volunteering 

Jika di satu sisi, materi sudah tercukupi #KibasKibasDuit – kenapa ga berjuang untuk dunia yang lebih baik dengan kedua belah tangan kita?
Mungkin bisa dimulai dengan donor darah? Atau bantu-bantu di penampungan hewan terlantar? Banyak cara kok untuk menjadikan waktu kita bermanfaat, bukan hanya untuk kita tapi juga untuk masyarakat :)

4. Melakukan pelayanan agama 

Yup, ini memang istilah di Kristen atau Katolik, bentuknya seperti ikut paduan suara di gereja, atau mengajar di Sekolah Minggu. Kita sebagai Muslim/Muslimah tentu saja bisa mengaplikasikannya. Ngajar ngaji, berpartisipasi di event keagamaan, atau seperti kemarin, menulis post #1Hari1Ayat di blog :))

5. Merawat orang yang disayangi 

Di keluarga saya, perempuan yang sudah menikah akan keluar dari rumah dan tidak diharapkan menjadi sandaran keluarga (it's debatable, though..). Tugas istri ya udah ikut suami, mau ke ujung dunia pun, yuk dadah babay.
Nah mumpung masih belum ada kewajiban tersebut, kenapa ga memberikan waktu luang untuk keluarga? Sampai beberapa minggu yang lalu – saat mama saya masih single parent, saya membaktikan hari Sabtu full untuk beliau (errr, ketahuan kalau ga ada yang ngajak malam mingguan...). Sekarang, saya pingin menghabiskan waktu sama nenek saya, tapi belum ketemu juga nih gimana caranya. Yah, mudah-mudahan bisa dilakukan sesegera mungkin sebelum Mas Putera Mahkota Dubai melamar #teuteup #obsesik

Seperti saya pernah bilang, hal terbaik yang bisa kita lakukan sebagai seorang single adalah mempersiapkan diri untuk jadi the eligible bachelor/bachelorette. You never know when your door will be knocked by the right person, so just be ready! ;)

Lots of love,
Prima

2 comments:

  1. Artikelnya menginspirasi sekali, mbak :D. Trik jitu menghabiskan masa lajang yang, terkadang, membosankan. Hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Hafian, pasti masih banyaaaaak cara utk bikin kita ga bosan.
      mungkin lho ya, mungkin - kita-kita ini bosannya karena kesepian dan ga ada kerjaan, hehe.

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...