Monday, August 31, 2015

5 Pekerjaan Part-Time untuk Mahasiswa

Assalamu'alaikum sister, alhamdulillah hari ini saya memasuki semester baru perkuliahan, semester DUA! Semester terakhir untuk masalah per-teori-an, dan artinya di ujung semester ini, saya diharapkan sudah memiliki draft proposal tesis. Well, wish me luck!

Saya masih ingat tanggal 22 Agustus 2007, hari pertama saya masuk kuliah S1, yang diawali dengan upacara penerimaan mahasiswa baru di Lapangan Rektorat Universitas Brawijaya. Setelah itu, kami mahasiswa PIS (Program Ilmu Sosial) menuju GKB (Gedung Kuliah Bersama) untuk mengikuti ospek. Hey you mahasiswa FISIP UB jaman sekarang, ga ngerasain yang namanya kuliah di GKB (sekarang RKB) kaaaaan. Seru lho. #TapiBoong

Saya juga masih ingat kalau pas masa ospek itu, saya punya gebetan. Hahahahahaha. Beberapa bulan kemudian, ilfil berat soalnya aslinya pada bocor. Nyesel sempet naksir :))

Anyway, kali ini saya ga mau cerita tentang gebetan. Tapi, saya pingin sharing tentang pekerjaan part-time yang bisa sister lakukan sembari kuliah. Wait, kerja? Kenapa harus kerja? Bukannya masa kuliah adalah masanya having fun, sebelum menuju ke dunia kerja yang sesungguhnya..

Inilah mindset yang menurut saya salah besar. Masalah menghidupi diri sendiri itu, kalau bisa dilakukan sedini mungkin. Paling tidak, kebutuhan minimal yaitu bayar kos, makan, dan bensin sehari-hari harus bisa dipenuhi dari usaha kedua tangan kita. Atau sebaliknya, kuliah kita dapat beasiswa, orang tua tinggal membiayai pengeluaran pokok. Kalau mau beli baju, sepatu, atau nongkrong cantik, ya cari sendiri dong uangnya.

Rasulullah saja sudah bekerja sejak usia 9 (atau 11 ya?) tahun. Di usianya yang beranjak dewasa, beliau sudah memimpin perjalanan bisnis ke negara tetangga. Selain tuntunan dari Rasul, bekerja sejak usia muda mengajarkan kita makna uang; dan juga memotivasi kita untuk mengatur waktu sebaik mungkin. Nah, berdasarkan pengalaman (dan pengamatan) saya selama kuliah S1 dan S2, dibawah ini beberapa pekerjaan yang bisa saya rekomendasikan karena tidak menuntut kita untuk berada di kantor sepanjang hari – modalnya cuma satu: pinter bagi waktu.

1. Penyiar Radio
Saya melakukannya selama satu tahun (Mei 2009-April 2010), dan trust me, ini adalah salah satu pekerjaan yang paling menyenangkan – apalagi kalau radionya memberikan fleksibilitas untuk mahasiswa. Disamping memang saya kuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi, menjadi penyiar radio benar-benar menambah wawasan saya tentang banyak hal. Bahkan, tentang agama Islam, karena saya bertugas pada program khusus Ramadhan bersama seorang ustadz. Saat itu, saya bekerja sekitar 3-4 jam/hari. Job description saya sebagai penyiar adalah menyiapkan bahan siaran, yang bisa dilakukan sembari menonton TV dan membaca majalah atau koran. That's why I think I got smarter when I work as radio announcer :)))

2. Tutor Privat
Saya pernah mengajar adik teman saya saat dia menghadapi Ujian Nasional SD, dan hasilnya cukup sukses. So, ketika ada teman menawari saya untuk mengajar muridnya yang masih SD (karena dia berhalangan), saya ambil kesempatan itu. Saya mengajar dua sampai empat kali seminggu, tergantung masa ujian, dan masing-masing sekitar 1,5 hingga 3 jam/hari. Kadang ada sepupu murid saya yang juga minta diajari, dan saya sih makin senang. Bukan hanya karena uangnya (haha), tapi mengajar anak SD melatih kesabaran kita, and it is also a fun job if you teach maximum sixth grade of elementary school student. Kecuali kalau memang jurusan kuliah sister adalah matematika/fisika/biologi/kimia/bahasa Indonesia/bahasa Inggris, maka sebaiknya sister mengajar mata pelajaran umum pada murid kelas rendah. Soalnya nih, jaman sekarang murid SD sudah semakin canggih, jadi kalau kita tidak menguasai mata pelajaran tersebut, kasihan juga muridnya..

3. Penerjemah Inggris-Indonesia

Saya mengerjakan beberapa proyek terjemahan di masa kuliah S2 ini, sehingga saya sarankan untuk sister, bekerjalah untuk proyek-proyek 'tidak resmi' seperti menerjemahkan (abstrak) skripsi atau tesis mahasiswa. Sister bisa mulai berlatih dengan menulis blog atau essay dalam bahasa Inggris, dan tentu saja sering membaca buku bahasa Inggris (eh, bukannya memang buku kuliah banyak yang berbahasa Inggris kan? :D)

4. Surveyor
Ketika saya magang di sebuah perusahaan rokok, saya didampingi satu orang mahasiswa sebagai data collector (bukan debt collector ya :p). Pada dasarnya, dia hanya bertugas untuk mengisi berkas-berkas kuesioner, sedangkan saya yang bertugas menganalisis hasil dan menulis laporan. Oya, saya juga mendapatkan gaji saat magang lho, dengan jumlah hampir separuh dari gaji pertama pekerjaan beneran saya selepas kuliah. Saat inipun, saya juga sedang melakukan asistensi untuk salah satu jurusan di UGM. Pekerjaannya tidak terikat jam kerja, yang penting bisa mengejar deadline. 

5. Kru Event Organizer
Jaman sekarang, buanyaaak sekali event organizer (atau wedding organizer) kebanjiran order. Sepertinya sepanjang tahun mereka aktif mengadakan banyak event, yang pastinya membutuhkan kru 'cabutan'. Umumnya sih lowongannya tidak dipublikasi secara umum, tapi kalau sister sudah dekat dengan salah satu EO, bukannya tidak mungkin sister akan terus bekerja untuk mereka.

Every job is a door to a bigger opportunity – ini saya yakini banget sehingga saya selalu berusaha untuk memberikan 1000% meskipun pekerjaannya terasa 'remeh'. Buktinya, dari pengalaman kerja tersebut, saya sudah beberapa kali ditawari pekerjaan lain dengan gaji dan job description yang lebih menarik (dan bahkan ditawari untuk dicomblangkan!). Tapi kembali lagi, prioritas utama sister adalah kuliah, jangan sampai 'tergoda' untuk meninggalkan bangku kuliah demi sebuah pekerjaan. Percayalah, ketika sister lulus kuliah, akan lebih banyak lagi pekerjaan yang lebih baik. Lagipula, bukankah sayang sekali jika harus menggunakan uang yang didapat dari bekerja, hanya untuk membayar SPP terus-menerus?

Graduate soon, work soon!
Enjoy the college life! ;)

Love,
Prima

4 comments:

  1. haha dulu aku jadi surveyor, jualan online sama SPG event :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip, yang penting udah pernah usaha kerja *kasih jempol*

      Delete
  2. Postingannya telat nih, aku udah lulus, ehehe. Enjoy your college life!

    ReplyDelete
  3. https://bit.ly/2TFNshp

    MAMPIR YUKK KE MANDIRIQQ

    Kami menyediakan permainan menarik yang bisa kalian nikmati hanya dengan sekali mendaftar loh !!

    > POKER
    > DOMINOQQ
    > CAPSA SUSUN
    > BANDARQ
    > BANDAR POKER
    > SAKONG
    > ADUQ
    > BANDAR 66

    Hanya dengan DEPOSIT sebesar 20.000 anda sudah bisa mencoba permainan yang sudah disebutkan tadi loh ..

    Nah selain itu kami juga menyediakan BONUS untuk kalian yang sudah bermain di situs kami :
    1. BONUS TURNOVER
    2. BONUS REFERAL SEUMUR HIDUP

    Tentunya dengan syarat dan ketentuannya yaa ..

    Dan lagi kami menghadirkan 1 permainan baru yang bisa kalian nikmati yaitu BANDAR66, yuk langsung daftar ya jangan ditunggu lagi.

    Jika masih ada yang ingin ditanyakan silahkan hubungi kami di :

    BBM - 2B55DF51
    LINE - MANDIRI_QQ
    WHATSAPP - +85585796383

    Atau bisa juga menghubungi LIVE CHAT kami.
    Kami hadir 24 Jam untuk anda :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...