Saturday, April 16, 2016

Ingin Jadi Beautypreneur Sukses? Ini 7 Rahasia yang Harus Kamu Ketahui!

Ceritanya, beberapa hari yang lalu, engga tau kesambet apa, tiba-tiba kepingin mewarnai rambut jadi seperti ini:
Pic from here.
Padahal sebelumnya saya engga pernah mewarnai rambut, dan namanya juga berhijab, buat apa juga ya? Buat dilihat sendiri kali deh. Cuma memang lagi bosen sama rambut yang potongannya awut-awutan ini, so I think it will be great to try something new. 

Terus, waktu lagi menimbang-nimbang gitu, saya dapat email dari Mbak Ayu – Puspita Martha International Beauty School. Dia mengundang saya ke Beautypreneurship Tour 2016! Wow, I’m so excited! Awalnya saya sempat berpikir, ‘engga salah nih, kok ngundang aku?’ Tapi masih ingat dong post Arti Make Up Bagi Saya? So, saya rasa tidak ada salahnya menambah pengetahuan tentang sesuatu yang insyaAllah pasti dibutuhkan oleh setiap perempuan di muka bumi ini #halah



Nah, sesuai dengan tajuk event yaitu Beautypreneurship Tour 2016, saya ingin membagikan tips dan trik buat kamu yang ingin menjadi beautypreneur handal. Here we go:


1. Miliki Sertifikasi Tingkat Internasional
Acara yang diselenggarakan di Hotel Harper Mangkubumi ini dibuka dengan video perkenalan Puspita Martha (PM) International Beauty School, dimana ada sambutan dari Ibu Wulan Tilaar, Vice Chairwoman of Martha Tilaar Group. Saya jadi amazed karena sekolahnya keren banget! If only I’m more passionate about beauty, I will definitely choose this school! Berpengalaman lebih dari 46 tahun (!!!), kamu tidak perlu ragu dengan kualitas kurikulum PM. Kalau kamu bersekolah di PM, kamu bisa mendapat sertifikasi CIBTAC (Confederation of International Beauty Theraphy & Cosmetology), which is one of the most prestigious certification in the world. Dengan sertifikat ini, kamu memiliki ‘modal’ untuk bersaing di industri kecantikan tingkat internasional.  


2. Memahami Tren
Namanya entrepreneur, harus cerdas ‘memanfaatkan’ tren dong, tak terkecuali beautypreneur. Kamu harus tahu apa sih yang lagi nge-tren di dunia kecantikan dan fashion, karena keduanya saling mengisi. Sulitkah untuk memperkirakan tren yang akan heits? Don’t worry! PM punya Beauty Trend Center, yang akan membantumu untuk mempersiapkan diri menghadapi tren. Coba nih, mereka akan membantumu dengan kedua hal ini (information taken from here):
- Beauty Trend Center berafiliasi langsung dengan Beautystream (Paris) yang menyediakan informasi forecast trend untuk banyak rumah mode dan kosmetik kenamaan dunia.
- Beauty Trend Center hanya menyediakan informasi untuk trend yang akan datang, mulai dari 6 bulan - 1 tahun ke depan. Informasi bukan hanya berupa artikel, namun juga mood board, tekstur, hingga palet warna.


3. Mampu Membuat Style-mu Sendiri
Salah satu alumni PM International Beauty School, Donny Karyadi, yang saat ini sudah malang-melintang sebagai professional make up artist, turut hadir dan memberikan ‘wejangan’ di acara ini. Oh ya, kebanyakan yang hadir di event ini adalah siswa dari PM, makanya mereka fokus banget memperhatikan penjelasan dari Mas Donny. Menurut Mas Donny, memang sih saat ini yang jadi most wanted adalah make up korektif – istilahnya nih, make up yang bikin cantik. Make up wedding atau make up untuk special occasion masuk kategori ini. Tapi kamu juga harus bisa keluar dari comfort zone, alias mencoba mengeksplorasi jenis make up lain. Misalnya, pada saat Beautypreneurship Tour di Jogja ini, mas Donny memberikan contoh konsep yang dia buat, yaitu Marie Antoinette. Dengan membuat portfolio konseptual seperti ini, orang akan mengenal karakter make up-mu, dan mengingatmu sebagai orang yang kreatif. So cool!

Pic from here.

4. Memperbanyak Pengalaman
Belajar sudah, sertifikasi punya, terus gimana? Ya banyakin praktik! Untungnya, PM memiliki networking yang luas, contohnya event-event penghargaan musik di televisi nasional. Kalau kamu jadi siswa di PM, kamu akan mendapat kesempatan untuk mempraktikkan apa yang sudah kamu pelajari. Kamu akan berlatih secara profesional, bekerja secara tim, dan bagaimana menghadapi tekanan deadline. Bonusnya, kamu bisa ‘pamer’ dong, kalau sampai dipercaya untuk me-make up Raffi Ahmad atau Luna Maya. Seru banget!


5. Belajar Hair Styling

Waktu dapat undangan Beautypreneurship Tour, saya sebenarnya sempat bertanya-tanya, kok yang dipromosikan adalah ‘hair styling’ bukan make up ya? Ternyata, sebagaimana disampaikan oleh Mas Donny Karyadi, belajar menata rambut merupakan sebuah kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap MUA. Misalnya, kamu dapat klien yang lagi terburu-buru, engga mungkin dong, menyuruh dia menata rambutnya sendiri? Kalau kamu bisa me-make up sekaligus menata rambut, orang pasti berani bayar (lebih) mahal buat layananmu.


6. Menggunakan Produk Kualitas Tinggi
Ada rasa, ada harga. Everyone knows that. Jadi, jangan ‘membahayakan’ karirmu dengan produk kecantikan yang abal-abal. Lucky us, PM sudah bekerjasama dengan berbagai brand internasional, termasuk yang terbaru, rangkaian produk Pink Up, organic hair styling product. Pink Up products are must have for a beautypreneur who wants to show their commitment in professionalism, AND contribution to preserve the earth. Saya juga pakai shampoo-nya dan setiap habis keramas, rambut saya berasa kayak habis nge-blow di salon. Absolutely will re-purchase!


7. Terus Belajar
Ini sih berlaku di semua jenis pekerjaan ya. Tapi sebagai MUA, ada rumus yang harus kamu ingat, yaitu Collaborate, Connect, Compete. Yup, kamu juga harus berani berkompetisi. Di acara Beautypreneurship Tour di Jogja, ada namanya Mas Yudin, professional hair stylist yang saat ini in charge untuk event-event Miss World di Indonesia. Dulunya, beliau mengawali karier setelah memenangkan kompetisi di Italia (eh...atau Perancis, ya?). One ‘little’ step that leads to the bright future.



Tengku Arshalhy from Beauty Trend Center
Mas Donny Karyadi and his muse.
Front: Sendy Gothic, hair stylist. Back: Mas Yudin.
 
Yours truly with Ibu Pinkan Tilaar, Director of Puspita Martha 
and Karaal Pink Up Director.
 
Untungnya, buat kamu yang penasaran dengan event Beautypreneurship Tour 2016, masih ada peluang untuk menghadirinya. Beautypreneurship Tour 2016 akan hadir di Banjarmasin tanggal 10 Mei, dan Denpasar tanggal 17 Mei. Info lebih lanjut, langsung tanya deh, ke info@puspitamartha.ac.id. Hope it helps, and have a nice weekend!

3 comments:

  1. Di Bandung juga ada nih tapi aku ga ikutan huhu :'(
    Kayaknya mau apapun bidangnya, kalo di dunia kreatif ada satu yang wajib: punya style sendiri.
    :D

    ReplyDelete
  2. Wah di banjarmasin kak, jauhnyaa...
    How much it cost to take a kind of this class kak prim ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemarin di Jogja Rp. 350.000 dear, tapi worthy banget :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...